Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaTagihan Air Melonjak? Periksa Dulu Jaringan Pipa Dalam Rumah, Begini Caranya!

Tagihan Air Melonjak? Periksa Dulu Jaringan Pipa Dalam Rumah, Begini Caranya!

Bogordaily.net, periksa dulu jaringan pipa dalam rumah. Hal tersebut merupakan permasalah yang sering dilaporkan ke .

Menurut perda nomer 2 tahun 2014 pasal 1, salah satu penyebabnya adalah ada kebocoran pada pipa persil atau jaringan dalam rumah.

Yang dimaksud pipa persil adalah pipa beserta peralatan dan perlengkapannya, yang terletak dalam persil pelanggan sesudah meter air.

Kemudian mengenai kepemilikan instalasi dan batas tanggung jawab tertuang di pasal 7 yaitu, pipa persil merupakan milik pelanggan dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan, dalam hal pemeliharaan dan penggantiannya akibat kebocoran atau kerusakan lainnya.

Juga, pelanggan berperan serta dalam pemeliharaan metar air. Maka dari itu, sebaiknya pelanggan deteksi terlebih dahulu apa saja yang memungkinkan kebocoran terjadi dan menjadi tinggi.

Pertama adalah kebocoran pipa persil yang disebabkan karena terbentur benda keras. Sehingga patah atau retak, hal ini sangat di pengaruhi oleh jalur instalasi pipa yang sembarangan dan kualitas pipa yang kurang baik.

Untuk itu, posisikan jalur pipa dengan aman dan gunakan pipa yang memiliki standar atau Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan memiliki ketebalan umum kurang 1,8 mm.

Kedua, toren luber yang disebabkan katup pelampung rusak. Untuk itu pelanggan perlu melakukan pengecekan katup secara rutin dan jangan sampai berkarat. Bila terjadi hal demikian maka harus segera di ganti.

Ketiga, keran rusak yang disebabkan kualitas keran yang kurang baik atau kualitasnya menurun dan berkarat. Untuk itu gunakan keran dengan bahan kuningan atau stainless steel, jangan gunakan keran bahan plastik atau bahan yang mudah patah dan berkarat.

Keempat, hindari instalasi pipa persil yang menyambungkan antara air pam dengan air sumur. Karena jika demikian, menyebabkan air pam mengalir ke sumur dan tidak ke toren, atau ke antrian air kedalan rumah.

Maka, pelanggan harus memisahkan instalasinya antara jalur sumur dengan jalur air pam.

Selanjutnya, untuk tips mengecek ada kebocoran atau tidak, bisa melihat pada meteran air. Apakah jarum meter terus berputar padahal tidak digunakan.

Jika demikian, tidak usah panik dan bingung. Cukup hubungi call center 0251-8324-111 atau chat whatshapp 0811-1182-123.Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here