Saturday, 20 April 2024
HomeNasional1.500 Swalayan Sudah Kibarkan Bendera Putih

1.500 Swalayan Sudah Kibarkan Bendera Putih

BOGORDAILY- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, sejak 2020 hingga Juni 2021, terdapat satu sampai dua toko yang tutup setiap hari dengan jumlah total sekitar 1.500 yang telah mengibarkan bendera putih.

“Bisnis ritel punya pengaruh yang besar bagi perekonomian nasional. Pada 2019, Indonesia menduduki peringkat lima besar dunia dengan market cap ritel senilai USD326 miliar,” ungkapnya, dalam sebuah diskusi daring, dilansir dari Antara, Jumat (23/07/2021).

Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah untuk mengizinkan semua ritel dibuka saat pencabutan kebijakan pada 26 Juli 2021. “Kami minta dapat dibuka pada 26 Juli. level IV tetap naik atau turun, kami minta kepada pemerintah untuk dibuka,” harap Roy.

Selain meminta izin buka toko, Aprindo juga menagih bantuan yang dijanjikan pemerintah untuk para pengusaha ritel.

Roy menyampaikan, sehari sebelum darurat diterapkan pada awal Juli lalu, pemerintah sempat menjanjikan akan membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) sewa bagi pengusaha ritel. Namun sayangnya, janji relaksasi itu belum juga ditempati hingga kini.

Lebih lanjut dia meminta pemerintah agar memperhatikan kondisi pengusaha ritel agar sektor ritel tidak mati bahkan berdampak terhadap bisnis lainnya.

“Kalau itu sampai tergerus dan terdampak betapa besar multiplier effect-nya belum lagi UMKM yang harus mati, pabrik makanan minuman, kalau ritelnya mati apakah mereka bisa hidup? Mereka mau jual ke mana?” pungkas Roy. (med)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here