Friday, 17 May 2024
HomeBerita400 Meter Pipa PDAM Kota Bogor Rawan Bocor

400 Meter Pipa PDAM Kota Bogor Rawan Bocor

Bogordaily.net – Meski perbaikan di transmisi air milik di Jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng selesai. Namun masih ada 1,6 kilometer pipa milik Perum Tirta Pakuan Kota Bogor yang bersinggungan dengan proyek Bogor Sukabumi. Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) , Rino Indira Gusniawan, Rabu 21 Juli 2021.

“Sepanjang 1,6 kilometer pipa milik PDAM bersinggungan dengan jalur rel ganda dan 400 meter pipa yang dalam kategori rawan dalam pengerjaan proyek saat ini,” kata Rino.

Ke depan, kata Rino, pihaknya akan berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana untuk dilakukan penguatan terhadap 400 meter yang rawan terdampak proyek .

“Saat ini kami masih berfikir agar air mengalir, untuk berhitung penggantian dari pihak kontraktor pelaksana double track, belum dihitung. Kami nanti berhitung berapa jumlah effort yang dikeluarkan dan berapa jumlah air dikeluarkan,” paparnya.

Menurutnya, kondisi terkini setelah aliran dibuka debit air bertambah menjadi 730 liter per detik serta dengan membuang angin yang berada di pipa parcaperbaikan. Diharapkan IPA Dekeng kembali berproduksi normal 2.000 liter perdetik.

Rino menyebut kebocoran tersebut menyebabkan reservoir milik Perumda Tirta Pakuan kosong, untuk itu dirinya akan berupaya untuk mengisi kembali agar terisi penuh dan dapat mengalirkan air ke warga.

Kata dia, akibat dari kebocoran pipa tersebut berdampak besar bagi pelanggan yang tersebar di Kecamatan Tanah Sareal, Bogor Barat dan sebagian Kecamatan Bogor Selatan dengan total sekitar 70.000 pelanggan.

“Karena itu cukup berat tugas kita, harus membagi tim hampir menyebar ke seluruh wilayah Kota Bogor, karena posisi teman harus membuka skur-skur dipipa distribusi,” katanya.

Reservoir yang kosong, kata dia, ada di reservoir Pajajaran 4.000 M3 dan reservoir Merdeka dengan kapasitas 9.000 M3. Meski demikian, Rino menyampaikan jika bantuan air melalui mobil tangki terus beroperasi di wilayah terdampak. (Advetorial)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here