Saturday, 20 April 2024
HomeBerita8 Makanan Ini Cocok Banget Dinikmati saat Cuaca Dingin

8 Makanan Ini Cocok Banget Dinikmati saat Cuaca Dingin

Bogordaily.net – BMKG telah memprediksi, wilayah Jabodetabek akan diguyur besar. Saat enaknya memakan sesuatu yang hangat. Makanan berkuah, sangat pas disantap saat cuaca dingin.

Berikut adalah 8 makanan yang cocok dinikmati saat cuaca dingin karena :

1. Mie

Mie terkenal sebagai makanan paling gampang dibuat karena simpel, tidak memakan banyak waktu saat membuatnya, dan harganya pun terjangkau.

Setiap orang Indonesia pasti mempunyai stok mie goreng maupun mie rebus di rumahnya, untuk jaga-jaga jika tidak ada makanan, atau dimasak saat .

Diantara kedua mie, biasanya mie rebus akan dipilih, karena mempunyai kuah, yang pastinya menghangatkan tubuh. Tidak lupa di tambah telur, cabai, serta sayuran, hidangan ini cocok dinikmati saat .

2. Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan berkuah yang kerap dicari saat datang. Bakso terdiri dari gilingan daging sapi yang dibentuk bulat, kemudian dicampurkan dengan bumbu dapur dan kaldu sapi.

Cuaca dingin
Bakso. (Istimewa/Bogordaily.net)

Hal ini tak lepas kuah bakso yang hangat dan bumbu yang gurih dan segar. Kini, bakso memiliki beragam varian.

Ragam bakso seperti bakso mercon, bakso yang didalamnya terdapat saus cabai segar yang menggugah selera. Bakso daging, urat, bahkan telur.

3. Soto

Soto merupakan makanan yang mempunyai rasa gurih, creamy dari santan yang berpadu dengan daging sapi bisa menjadi salah satu santapan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Lalu, soto juga sangat cocok disantap selagi hangat bersama emping dan nasi putih. Kamu juga bisa menambahkan satu atau dua sendok cabai ulek segar, sehingga rasanya lebih pedas.

Cuaca dingin
Soto. (Istimewa/Bogordaily.net)

Memiliki rasa pedas dari jahe, Soto bisa yang menghangatkan tubuh, tidak lupa ada lada, kayu manis, dan bawang putih yanh membuat makanan ini kaya akan rasa.

4. Sayur Asem

Meskipun memiliki rasa yang cenderung asam dari asam jawa, sayur ini juga bisa menghangatkan tubuh kalau dinikmati selagi hangat.

Sayur asam memiliki rasa padas dari ulekan cabai yang dibaurkan bersama bumbu seperti kemiri, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan lain-lain. Selain pedas terdapat rasa manis di dalamnya yang berasal dari gula pasir.

Cuacaa
Sayu Asem. (Istimewa/Bogordaily.net)

Sayur ini cocok jika dinikmati bersama hidangan pendamping seperti tempe dan tahu goreng. Kemudian, bisa juga dinikmati dengan empal, paru goreng, dan lauk goreng lainnya.

5. Sop Kambing

Masih punya daging kurban? Dari pada nganggur, mending kamu olah menjadi masakan sop kambing.

Sajian satu ini adalah makanan yang digemari oleh pencinta makanan olahan daging kambing.

Dingin
Sop Kambing. (Istimewa/Bogordaily.net)

Kuahnya terbuat dari kaldu kambing dan ditambah sayuran seperti tomat dan daun seledri yang membuat hidangan lebih segar.

6. Seblak

Makanan yang pedas, sederhana, murah dan praktis ini juga bisa menjadi pilihanmu dirumah saat -.

Makanan yang memiliki cita rasa pedas menantang ini biasanya berisi kerupuk yang direbus, kuah cabai, ceker ayam, makaroni, bakso, dan lain-lain.

Dingin
Seblak. (Istimewa/Bogordaily.net)

Seblak yang memiliki cita rasa pedas dan gurih ini juga memiliki sayuran di dalamnya, lalu protein seperti telur dan olahan daging lainnya.

Bumbu seblak sangat sederhana, bisa terbuat dari cabai, bawang merah dan bawang putih, daun bawang, tomat, dan kencur. Semua bumbu tersedia dirumah, memudahkan untuk membuatnya sendiri.

7.

Kalau suka mi dan cari makanan pedas saat hujan tiba, kamu bisa menyantap mi Aceh. Rasa pedas dari cabai dan jahe terasa sampai ke pangkal lidah. Tekstur mi yang kenyal dan tidak mudah putus, lalu ada juga potongan sayur kubis dan tauge.

Dinginn
. (Istimewa/Bogordaily.net)

Kamu juga bisa menikmati mi Aceh yang divariasi dengan aneka isian seperti kepiting, daging kambing, hingga ragam seafood.

8. Sayur Lodeh

Walaupun terbilang sayuran sederhana, lodeh bisa menjadi makanan yang menghangatkan tubuh.

Sayuran yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini biasanya memiliki warna putih. Rasa gurih dari santan berpadu dengan sayuran seperti daun melinjo, kacang panjang, labu siam, dan sayuran lain sesuai selera.

Cuacaaaa
Sayur Lodeh. (Istimewa/Bogordaily.net)

Sayur lodeh memiliki rasa cenderung pedas dari cabai yang diulek bersama bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan kemiri.

Rasa gurih dari santan dan bumbu berpadu dengan pas. Hidangan ini cocok disantap dengan telur dadar, tahu goreng, dan tempe goreng sebagai asupan proteinnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here