Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBjorn Kuipers Pimpin Pertandingan Final Euro 2020

Bjorn Kuipers Pimpin Pertandingan Final Euro 2020

Bogordaily.net – Jadwal antara Italia vs Inggris dipastikan berlangsung pada Ahad malam 11 Juli 2021 waktu setempat atau Senin dinihari 12 Juli waktu Indonesia. Laga itu akan dipimpin oleh , wasit asal Belanda yang pernah memimpin enam laga final kompetisi di bawah naungan Badan Eropa (UEFA).

Laman resmi Euro 2020 menyebutkan bahwa Kuipers telah ditunjuk oleh Komite Wasit UEFA untuk memimpin laga yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London, tersebut. Dia merupakan salah satu wasit senior dengan pengalaman memimpin laga internasional sejak 2006.

Dia tercatat pernah enam kali memimpin laga final kompetisi di bawah naungan UEFA, yaitu:

  1. Final Piala Eropa U-17 2006 antara Republik Cek vs Rusia
    2. Final Piala Eropa U-21 2009 antara Jerman vs Inggris
    3. Piala Super Eropa 2011 antara Barcelona vs FC Porto
    4. Final Liga Europa 2013 antara Benfica vs Chelsea
    5. Final Liga Champions 2014 antara Real Madrid vs Atletico Madrid
    6. Final Liga Europa 2018 antara Marseille vs Atletico Madrid

Kuipers juga merupakan anggota tim wasit untuk ajang Euro 2012 dan 2016. Dia juga sempat menjadi wasit di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di ajang Euro 2020, Kuipers telah memipin tiga laga, yaitu laga Denmark vs Belgia, Spanyol vs Slovakia dan Denmark vs Republik Cek. Dia juga pernah menjadi ofisial keempat pada laga Inggris vs Kroasia.

Kuipers akan ditemani oleh dua rekannya asal Belanda Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra sebagai asisten pada laga . Sementara Wasit Carlos Del Cerro Grande asal Spanyol akan menjadi ofisial keempat.

Wasit asal Jerman Bastian Dankert ditunjuk sebagai pengawas VAR. Dia akan ditemani oleh dua kompatriotnya, Christian Gittelmann dan Marco Fritz plus Pol van Boekel asal Belanda.

Timnas Ingris sendiri memiliki kenangan manis saat laga mereka dipimpin oleh wasit asal Belanda, Daniel Makkiele, pada laga semifinal kontra Denmark. Saat itu Makkiele dituding memberikan ‘hadiah' penalti kepada skuad Tiga Singa pada babak tambahan waktu.

Penalti itu diberikan karena Raheem Sterling terjatuh saat mencoba menerobos sisi kiri kotak penalti Timnas Denmark. Dia memang sempat mendapatkan kawalan dari dua pemain belakang Denmark, Joakim Maehle dan Mathias Jensen.

Keputusan Makkiele itu diperdebatkan karena dalam tayangan ulang terlihat Sterling terlalu mudah jatuh. Kontak dari Maehle dan Jensen dinilai tak cukup keras untuk dikategorikan sebagai pelanggaran.

Selain itu, ada juga perbedatan soal keputusan Makkiele yang tak menghentikan pertandingan saat ada bola kedua di lapangan sebelum aksi Sterling masuk ke kotak penalti Denmark. Anehnya lagi, Makkiele tak mendapatkan masukan untuk melihat tayangan ulang kejadian itu.

Media-media Italia menulis bahwa penalti itu sebagai balas budi dari UEFA kepada Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, atas bantuannya menggagalkan kompetisi Liga Super Eropa beberapa waktu lalu. Kebetulan saat itu Johnson menonton langsung sukses Timnas Inggris melajut ke partai untuk menantang Timnas Italia.

Jadwal antara Italia vs Inggris akan berlangsung pada Senin dinihari 12 Juli 2021 pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, iNews dan MolaTV.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here