Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorDandim 0621 Gelar Lomba Binter Tingkat Pusat 2021

Dandim 0621 Gelar Lomba Binter Tingkat Pusat 2021

Bogordaily.net menyelenggarakan lomba . Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan bidang teritorial baik oleh Mako, Koramil hingga ke tingkat Babinsa.

Dandim 0621, ingin lomba Binter Tingkat Pusat pada 2021 dapat meningkatkan kegiatan bidang teritorial baik oleh Mako, Koramil hingga ke tingkat Babinsa. Pelaksanaan lomba dihadiri Wakil Bupati Iwan Setiawan di Halaman Makodim 0621 Cibinong Bogor, Kamis 22 Juli 2021.

Dandim 0621 mengatakan, program latihan teritorial khususnya Babinsa telah dilaksanakan seperti melakukan pembinaan kepada pelaku industri kecil UMKM, kerajinan pekerjaan rakyat, serta mengajak masyarakat untuk memberdayakan atau mengolah kembali barang-barang yang kurang berharga, menjadi sesuatu yang bernilai.

“Salah satu contoh kegiatan kami di Desa Mandiri, Desa Gunung Putri yang dilaksanakan anggota kami yang sesuai dengan Peraturan Menteri Desa dilaksanakan dengan masyarakat berupa pembinaan, ketahanan di wilayah, pembinaan keamanan, pemberdayaan masyarakat mengolah bahan-bahan yang  tidak bermanfaat menjadi bermanfaat. Kemudian ada juga pemanfaatan lahan-lahan pekarangan dan lahan tidur yang ada di wilayah masing-masing,” ungkap Dandim

Menurutnya, dari hasil pembinaan banyak produk yang sudah jadi serta dipasarkan keluar daerah, bukan hanya industri kecil pengolah makanan saja, tetapi warga juga sudah mampu menciptakan produk-produk kesehatan berupa sanitizer, pupuk organik dan lainnya. Bahkan hasil akhirnya ini dapat mengurangi atau mengurangi sampah-sampah, khususnya sampah-sampah organik menjadi suatu produk yang bernilai.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan  kegiatan bidang teritorial khususnya yang kami laksanakan baik oleh Mako, Koramil sampai dengan paling bawah tingkat Babinsa. Untuk tahun 2021 ini kami Bersama-sama dengan Korem meluncurkan program yang namanya Go Babinsa dimana para anggota kami Babinsa di seluruh jajaran melaksanakan distribusi obat-obatan khususnya kepada warga kita yang sedang melaksanakan isolasi mandiri dan kategori nya tidak  mampu,” terangnya.

mengaku, merupakan suatu kehormatan bagi satuan Kabupaten Bogor yang hari ini mendapatkan kunjungan dalam rangka penilaian, sekaligus apresiasi yang sangat tinggi kepada satuan dipercaya oleh Satuan atas Suryakencana untuk mewakili satuan di wilayah Korem Kodam 3.

Sementara itu, Tim Penilai Kegiatan Lomba , mengatakan bahwa lomba Binter yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, khusus tahun 2021 Lomba Binter  diadakan dengan cara baru, yakni disesuaikan dengan klasifikasi yang ada

” Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini menggunakan klasifikasi sesuai tipe Kodim yaitu klasifikasi A, B dan C. Kodim Klasifikasi A meliputi Kodim Wilayah Ibukota Negara, penyangga Ibukota Negara, dan Ibukota Provinsi. Kodim Klasifikasi B meliputi Kodim Wilayah Kabupaten dan Kota, sedangkan Kodim Klasifikasi C meliputi Kodim Wilayah Perbatasan Negara, Pulau terluar dan Wilayah Daerah Rawan.” ujar perwakilan Danpusterad.

Menurutnya, kegiatan Lomba Binter bertujuan sebagai sarana kompetisi antar Komando Kewilayahan Tingkat Kodim khususnya dalam menyelenggarakan pembinaan teritorial. “Kegiatan ini juga diharapkan agar para Satuan Komando Kewilayahan Jajaran Kodam memiliki semangat, kebangsaan dan sportivitas,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here