Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaEfikasi Vaksin Corona Pfizer 95,4% Aman untuk 16 Tahun ke Atas

Efikasi Vaksin Corona Pfizer 95,4% Aman untuk 16 Tahun ke Atas

Bogordaily.net – Hadir kembali satu vaksin corona yang diterbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (), yakni vaksin -BioNTech.

Kepala Penny Lukito menjelaskan, berdasarkan hasil uji klinis, efikasi atau kemanjuran vaksin ini mencapai 95,4 persen untuk warga berusia 16 tahun ke atas.

“Dan hasil data uji klinis 3 menunjukkan efikasi pada 16 tahun ke atas 95,4 persen, dan pada remaja 12-15 tahun 100 persen. Data imunogenisitas menunjukkan pemberian dua dosis dalam 3 minggu ini menghasilkan respons yang baik,” jelas Penny dalam jumpa pers virtual, Kamis 15 Juli 2021.

Lebih lanjut, Penny mengungkapkan vaksin ini efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada masyarakat berusia 12 tahun ke atas.

Penyuntikan vaksin ini akan dilakukan dua kali, dengan rentang waktu penyuntikan dosis kedua selama 3 minggu.

“Jadi ini bisa diberikan ke remaja 12 tahun ke atas diberikan dengan injeksi intramuscular dosis 0,3 ml, dengan dua kali penyuntikan dengan rentang waktu 3 minggu,” tuturnya.

Selain efikasi, bersama Komite Nasional Penilai Vaksin COVID-19 dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), juga telah mengkaji faktor keamanan dari vaksin tersebut.

“Hasilnya menunjukkan secara umum keamanan ini dapat ditoleransi pada kelompok usia ini. Kejadian reaksi yang paling sering timbul dari penggunaan vaksin ini antara lain nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, sendi, dan demam,” ungkap Penny.

Diketahui sebelumnya, Kemenkes dengan PT Indonesia dan BioNTech SE telah menyepakati kerja sama untuk mendatangkan 50 juta dosis vaksin Pfizer pada 2021.

Perjanjian ini merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19.

Sejauh ini, sudah ada lima vaksin Covid-19 yang mendapat EUA dari , yakni vaksin Sinovac siap pakai, bulk Sinovac yang diproduksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna. Sehingga, kini total ada enam vaksin corona yang sudah diterbitkan EUAnya oleh .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here