Monday, 22 April 2024
HomeBeritaGokil, Kelurahan Sindang Sari Bikin Alat Penghasil Oksigen!

Gokil, Kelurahan Sindang Sari Bikin Alat Penghasil Oksigen!

Bogordaily.net – Saat ini di Kota Bogor masyarakat yang terpapar Covid-19 semakin banyak, ditambah lagi dengan kelangkaan oksigen di setiap rumah sakit yang ada di Kota Bogor.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Yudi menyampaikan, melihat situasi di wilayah sangat kekurangan tabung oksigen.

“Itu membuat saya ingin mencoba suatu alat yang bisa menghasilkan oksigen menggunakan ,” katanya.

Yudi menjelaskan, dimana sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam akuarium agar airnya kaya akan oksigen.

tersebut kita coba dengan cara dimasukan batu di dasar untuk penyaring, lalu selang dimasukan ke dalam gelas plastik dan diisi air setengah gelas,” jelasnya.

Kemudian udara yang di pompa dari masuk ke dalam air dan uap yang dihasilkan dari air akan tersaring. Jadi, kata Yudi, ruang hawa lingkup udara di botol tersebut belum tentu ada udara bersih.

“Lalu disaring kembali menggunakan selang, masuk ke dalam gelas yang terisi air. Untuk oksigen yang dihasilkan dari sekitar 20-30 persen,” ucapnya.

Yudi memaparkan, sampai saat ini belum ada alat pengecekan untuk udara yang dihasilkan itu bagus atau tidak.

“Tapi saya melihat, dari botol yang pertama kurang bersih airnya, lalu di botol kedua airnya bersih. Saya melihat dari segi kebersihan airnya dulu,” imbuhnya.

Penemuan oksigen dari ini sangat disupport Lurah , Asep Fauzi Rahman dan membiayai alat-alat tersebut.

Sementara itu, Lurah , Asep Fauzi Rahman mengatakan, stok oksigen yang ada di Sindang Sari hanya ada tiga oksigen, tetapi itu sudah terpakai semua oleh warga yang sedang isoman.

“Artinya kondisi saat ini memang sangat sulit untuk mendapatkan oksigen. Kebetulan Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Yudi mempunyai ide untuk membuat alat oksigen,” kata Lurah Sindang Sari, Asep Fauzi Rahman saat dihubungi Bogordaily, Rabu 14 Juli 2021.

Asep Fauzi Rahman sangat mensupport terkait ide tersebut. Karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here