Tuesday, 28 May 2024
HomeKota BogorHeri Cahyono: GTP Adalah Perjuangan Jaga Alam Bogor

Heri Cahyono: GTP Adalah Perjuangan Jaga Alam Bogor

Bogordaily.net – Menapaki perjuangan Gerakan Tanam Pohon atau dalam menjaga alam perlu diacungi jempol. Menurut Heri Cahyono yang merupakan inisiator , gerakan ini sudah berjalan sebanyak 262 kali sepanjang 6 tahun, sejak 14 November 2014 silam.

 

Heri Cahyono sang inisiator , yang juga merupakan Anggota DPRD dapil Bogor Barat tersebut menjelaskan, pada awalnya bertujuan untuk sekedar menanam pohon buah-buahan di fasilitas sosial seperti di pekarangan penduduk dan lahan-lahan fasilitas umum untuk tempat bernaung nan rindang, menjadi sumber nutrisi dari buah-buahan yang dihasilkan secara gratis serta menjadi sumber oksigen segar secara gratis.

 

“Dengan mengkonsumsi buah yang segera secara gratis, tentu akan membantu warga masyarakat mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, mencegah kasus stunting serta dapat mendorong asupan makanan buah-buahan untuk anak-anak.” Ungkap Heri Cahyono kepada Bogordaily.net.

Gerakan Tanam Pohon saat melakukan giat beberapa waktu lalu. Foto diambil sebelum masa PPKM Darurat (Dokumen Pribadi/Bogordaily.net)

 

Heri kembali menjelaskan, jika di lingkungan tempat bermain anak-anak dipenuhi dengan tanaman buah-buahan, secara tidak langsung setelah bermain anak-anak bisa memakan buah-buahan yang menjadikan asupan gizinya terpenuhi. Hal tersebut menjadi langkah mengurangi angka stunting di Kota Bogor yang cukup tinggi.

 

Lingkungan yang mendukung bisa membuat anak menjadi cerdas, apalagi bagi anak-anak yang berada dalam ekonomi kedua orang tua serba terbatas dan kurang.

 

“Maka dari itu, ini digencarkan dalam menanam buah-buahan. Segala macam buah-buahan seperti rambutan, mangga, alpukat, nangka, durian dan lain-lainnya.” Jelas Heri.

 

Tak hanya untuk keperluan konsumsi dan gizi masyarakat, penanaman buah-buahan melalu ini dapat memperbaiki ekosistem hewan seperti burung-burung yang akan hinggap di tanaman yang baik pertumbuhannya dan menjadi sumber pangan bagi mereka juga.

 

“Kicauan burung juga menambah keindahan alam, tak hanya kesejukan dari tanamannya saja.” Jelas pria jebolan IPB tersebut.

 

Dari sisi lain, ini juga secara tidak langsung memancing masyarakat untuk menumbuhkan semangat melakukan hal yang sama di lingkungan tempat tinggalnya.

 

adalah kontribusi kongkret kita semua untuk Kota Bogor, kota yang amat kita cintai ini. Membangun lingkungan yang baik dan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat terutama anak-anak dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kita tanam. In Syaa Allah banyak manfaat. Aamiin.” Tutup Heri Cahyono.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here