Sunday, 12 May 2024
HomeBeritaIDI Buka Layanan Telekonsultasi. Ini Nomor WA Call-nya

IDI Buka Layanan Telekonsultasi. Ini Nomor WA Call-nya

Bogordaily.net (IDI) bersama dan Kota Bogor membuka layanan telekonsultasi. Upaya itu dilakukan karena melonjaknya angka kasus positif Covid-19 bahkan tidak tertampung di RS sehingga banyak yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ketua IDI Kota Bogor dr. Ilham Chaidir mengatakan,Berdasarkan data dari Dinkes, sedikitnya terdapat 7 ribu warga yang menjalani isoman. Sehingga program itu dibuat lantaran tingginya angka isoman dan juga terbatasnya jumlah tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas untuk melakukan pemantauan kepada warga isoman.

“Saat ini nakes yang ada di puskesmas, bekerja begitu keras. Tapi tidak semua bisa tercover. Sementara banyak warga isoman tak memiliki oximeter (alat pengukur saturasi oksigen), akibatnya banyak mereka yang tak tahu berapa saturasinya,” kata Ilham, Minggu 25 Juli 2021.

Dengan demikian kata dr Ilham, banyak pasien isoman yang datang ke rumah sakit dengan saturasi oksigen jelek, yakni dibawah 85. “Makanya kami membuka layanan telekonsultasi melalui whatsApp call center di nomor 0895346287624,” tegas Ilham.

Pria yang juga Direktur Utama Kota Bogor ini juga menambahkan, bahwa saat ini di RDUF terdapat 220 pasien dengan gejala sedang dan berat yang tengah ditangani. Sedangkan di 2 di GOR Pajajaran (eks RS Lapangan) terdapat 40 pasien yang tengah menjalani perawatan. Sementara kapasitas sekarang sudah 70 persen untuk pasien Covid-19.

“Kami bisa naikan sampai 90 persen, bila angka positif terus bertambah. Tapi secara bertahap, paling kita sisakan nanti 50 bed untuk pasien esensial seperti jantung, hemodialisa, kanker dan lainnya,” ujar dia.

Lebih lanjut dia menambahkan, semua nakes yang bertugas di IGD juga telah diinstruksikan untuk fokus menangani pasien Covid-19 dengan saturasi oksigen buruk. Sebab, saat ini sudah menyediakan 373 bed bagi pasien covid.

“Jadi caranya agar tidak membludak. Kami gerak cepat dengan mengeluarkan pasien yang telah sembuh. Begitupun dengan mereka yang meninggal dunia untuk segera dimakamkan,” tambahnya.

Sehingga lanjut dia, tempat tidurnya dapat digunakan pasien lain. Dengan turun over yang cepat, tenda darurat tak digunakan, dan hanya sebagai tempat transit menunggu ruangan.

“Kami juga bersana Dinkes dan IDI juga telah merekrut relawan vaksinator untuk menggeber vaksinasi massal Covid-19, agar herd immunity dapat segera terbentuk,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here