Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalIni dia 5 Tips Menghindari Razia Polisi, Dijamin Lolos

Ini dia 5 Tips Menghindari Razia Polisi, Dijamin Lolos

Bogordaily.net – Sebagai warga Indonesia yang baik tentunya memiliki kendaraan harus dilengkapi surat-surat penting yang meliputi SIM dan STNK. Membawa dokumen kendaraan akan meloloskan pengendara dari .

Surat tersebut sangatlah penting bagi mereka yang memiliki kendaraan, terutama Surat Ijin Mengemudi (SIM), inilah yang kerap ditanyakan oleh polisi ketika terjadi razia kelengkapan surat-surat kendaraan.

Biasanya polisi melakukan razia disetiap daerah tertentu yang masuk dalam kawasan wajib lalulintas. Razia tersebut juga biasanya untuk menghindari adanya pencurian sepeda motor dan kelengkapan surat-suratnya.

Maka dari itu sebelum kalian bepergian menggunakan kendaraan, alangkah baiknya untuk mempersiapkan surat-surat terlebih dahulu. Ada beberapa tips yang dapat kalian ikuti jika kalian masih belum memiliki SIM.

Tips menghindari sebagai berikut :

1. Carilah Informasi Mengenai Jadwal Razia Polis Lalulintas

Pertama kalian lakukan dengan cara mencari informasi ke kerabat atau media sosial yang mungkin dapat di ketahui sebelumnya.

Cara ini tergolong ampuh karena nantinya akan tahu dimana lokasi razia dan kemudian kalian dapat melewati rute lain agar terhindar dari razia tersebut.

2. Lengkapi Surat-surat Kendaraan

Dengan adanya kelengkapan surat kendaraan yang dimiliki, kalian pasti akan aman ketika melewati jalur razia yang akan di lewati. Kelengkapan surat seperti SIM, STNK dan juga aksesoris kendaraan lain seperti helm, lampu, spion dan lainnya.

3. Bersikap Biasa Saja dan Jangan Panik

Selanjutnya kalian dapat bersikap santai dan biasa saja atau jangan panik ketika kalian sudah mengetahui ada razia di depan, namun sudah terlanjur jalan.

Biasanya polisi akan membiarkan para pengemudi yang terlihat santai dan tidak panik lewat tanpa harus mencegatnya. Cara ini bisa dikatakan 10 persen untuk keberhasilannya. Maka lebih kalian hindari saja terlihat ada razia di depan.

4. Pahami Jalur Tikus Daerah Sekitar

Tips ini berguna jika ada razia, kalian dapat melewati jalur tikus jika melihat ada . Jalur tikus tersebut harus kalian pahami karena nantinya dapat digunakan untuk menghindari .

Biasanya polisi yang akan mengejar juga pikir-pikir karena mungkin mereka masih belum paham betul mengenai jalur tikus yang ada di daerah tersebut.

5. Berhenti di Warung Terdekat

Untuk tips yang terakhir, kalian dapat mampir ke warung terdekat dari lokasi razia. Biasanya polisi tidak akan mengejar karena mereka mengira bahwa kalian hendak membeli sesuatu di warung tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here