Friday, 26 April 2024
HomeBeritaJeff Bezos Suap NASA Rp 28 Triliun, Jika...

Jeff Bezos Suap NASA Rp 28 Triliun, Jika…

Bogordaily.net – Dua orang terkaya di Dunia Elon Musk dengan SpaceX dan Jeff Bezos dengan bersaing untuk mendapatkan proyek pembuatan sistem pendaratan astronaut ke bulan. Akhirnya memenangkan perusahaan Elon Musk yang dianggap lebih berpengalaman.

Dikutip dari BBC SpaceX mengalahkan , namun rupanya orang terkaya dunia ini belum menyerah, tidak terima kekalahannya Jeff Bezon mengiming-imingi sejumlah USD 2 miliar atau lebih dari Rp 28 triliun kepada NASA, sebagai timbal balik agar bisa dipertimbangkan kembali untuk membuat sistem pendaratan di bulan.

Bezos tampaknya tahu bahwa NASA Sedang kekurangan uang. Lembaga antariksa legendaris ini hanya memperoleh pendanaan dari Konggres senilai USD 850 juta untuk mendanai lander Bulan, jauh dari pengajuan senilai USD 3,3 miliar.

akan menjembatani kekurangan anggaran untuk HLS (Human Landing System) dengan membayarkan semua dana pada saat ini dan dua tahun fiskal pemerintah sampai USD 2 miliar untuk membuat program ini kembali ke jalur yang benar,” tulis Jeff Bezos dalam suratnya ke administrator NASA, Bill Nelson.

Memang pada awalnya, sebenarnya NASA berniat memilih dua perusahaan untuk membuat lander, tapi terhalang minimnya dana. SpaceX kemudian terpilih karena dianggap lebih berpengalaman dalam penerbangan ke luar angkasa dan juga biayanya lebih murah.

Bezos jelas kesal dengan kekalahan itu sehingga saat ini dia berusaha agar NASA memberi perusahaannya kesempatan. Dia pun menyampaikan keunggulan sistem pendaratan yang merupakan pengembangan dari sistem yang dulu mendaratkan astronaut Apollo 11.

“Kami menciptakan sistem pendaratan Bulan abad 21 yang terinspirasi oleh arsitektur Apollo 11 yang punya banyak manfaat. Salah satu yang terpenting adalah memprioritaskan keselamatan,” papar Bezos yang beberapa hari lalu melesat ke luar angkasa.

Kemenangan SpaceX sendiri disambut protes oleh dan Jeff Bezos karena dianggap tidak adil, namun demikian sepertinya keputusan NASA sudah final. Dengan iming-iming miliaran dollar ini, bisa jadi akhirnya dilibatkan selain SpaceX.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here