Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKenali, Cegah, dan Obati Hepatitis bersama RSIA Nuraida Bogor

Kenali, Cegah, dan Obati Hepatitis bersama RSIA Nuraida Bogor

Bogordaily.net – Diperingatinya Hari Sedunia tanggal 28 Juli 2021, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nuraida Bogor, membagikan edukasi kepada Sahabat Nuraida.

Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) merupakan salah satu hal yang sederhana dapat kita lakukan dalam mencegah penyakit atau penyakit kuning.

adalah sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati, terbagi menjadi dua kategori, yaitu akut dan kronis.

Peradangan hati karena penyakit ini memiliki kemungkinan menjadi fibrosis atau jaringan parut, sirosis, hingga kanker hati.

Penyebab paling umum yang menyebabkan yaitu . Namun, infeksi hati atau liver juga dapat terjadi karena zat beracun dan juga penyakit autoimun.

Lalu penyebab lainnya yaitu mononukleosis infeksiosa, demam kuning, dan infeksi sitomegalovirus.

yang menyebabkan hepatitis terbagi menjadi lima, yaitu A, B, C, D, dan E. Kelimanya harus mendapat perhatian khusus, karena beban penyakit yang dibawanya dan potensi yang menyebabkan wabah dan epidemi, serta dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, jenis B dan C dapat menyebabkan penyakit kronis kepada jutaan orang dan yang menjadi penyebab umum sirosis atau pengerasan dan kanker hati.

Hepatitis ditandai dengan munculnya gejala berupa demam, nyeri sendi, nyeri perut kanan, dan penyakit kuning, serta bersifat akut (cepat dan tiba-tiba) maupun kronis (perlahan dan bertahap).

Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitis dapat menimbulkan komplikasi, seperti gagal hati, sirosis, atau kanker hati (hepatocellular carcinoma).

Pengobatan secepatnya perlu dilakukan untuk mencegah perkembangan dan komplikasi, jika urine berwarna gelap serta mata serta kulit berubah menjadi kekuningan.

Pada ibu hamil B dan E memiliki resiko tinggi terhadap penularan terhadap janinnya. Oleh karena itu segera lakukan konsultasi kehamilan bunda pada dokter kandungan di RSIA Nuraida Bogor.

KIPPA di RSIA Nuraida pertama dan satu-satunya yang memiliki dokter konsultan kesuburan yang ada di Kota Bogor.

Klinik Ingin Program Punya Anak (KIPPA) Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nuraida, solusi terpadu pengobatan kesuburan yang tepat sasaran.

KIPPA merupakan sebuah ikhtiar RSIA Nuraida dalam melayani dengan cara medis dari asuhan dr. Lukman Hakim Muchsin, SpOG-KFER.

Dapatkan informasi lebih lanjut hubungi call center 0251-8368-866, jika emergency hubungi 0251-836-8107. Info terupdate bisa cek di instagram @rsianuraida. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here