Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKorea Selatan dan Utara Sepakat untuk Memperbaiki Hubungan

Korea Selatan dan Utara Sepakat untuk Memperbaiki Hubungan

Bogordaily.net dan membuka kembali sambungan mereka pada Selasa ini, 27 Juli 2021. Kedua negara kemudian sepakat untuk membangun kembali hubungan kepercayaan dan memulihkan hubungan bilateral.

Dikutip dari Blue House di Seoul, Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un saling bertukar surat, sejak April lalu dalam upaya memulihkan hubungan kedua negara.

“Kedua pemimpin sepakat memulihkan rasa saya percaya dan meningkatkan hubungan antara Selatan dan Utara,” kata juru bicara Presiden Moon, Park Soo hyun, dilansir dari laman South China Morning Post.

Media nasional Korut, KCNA, juga mengonfirmasi bahwa saluran komunikasi resmi dengan Korsel telah dibuka kembali hari ini pukul 10.00 waktu setempat. dibuka kembali atas dasar persetujuan Moon dan Kim.

Korut memutus dengan Korsel pada Juni 2020 seiring memburuknya hubungan lintas perbatasan.

Pemutusan juga dilakukan usai berlangsungnya pertemuan antara Kim dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Februari 2019 dimana Moon ikut serta sebagai mediator.

Pertemuan tersebut dianggap gagal karena tidak menghasilkan kesepakatan konkret apapun.

“(Pembukaan kembali ) akan membuka jalan bagi Utara dan AS untuk memulai kembali dialog,” kata profesor Yang Moo-jin dari University of North Korea Studies di Seoul kepada media This Week in Asia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here