Lahan Cagar Budaya Dijual, Anggota DPRD Ruhiyat: Sangat Menyayangkan

Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Sapa Peserta Vaksinasi Merdeka di IPB Akibat Pohon Tumbang di Depok, Jalur KRL Bogor Masih Diperbaiki Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini!

Advetorial · 2 Jul 2021 19:32 WIB

Ruhiyat Sujana Sayangkan Lahan Cagar Budaya Dijual


 Petugas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bogor saat mengunjungi lahan Cagar Bidaya peninggalan Belanda yang ada di Desa Sibanteng Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor Perbesar

Petugas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bogor saat mengunjungi lahan Cagar Bidaya peninggalan Belanda yang ada di Desa Sibanteng Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Ruhiyat Sujana menyayangkan adanya lahan Cagar Budaya peninggalan Belanda yang diduga dijual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya lahan di Kampung Pilar, Desa Cibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor itu, dijual ke pihak sekolah MTSN 2 Leuwisadeng.

“Saya sangat menyayangkan ada penjualan terkait aset tersebut, saat saya konfirmasi sebenarnya itu kan sudah masuk kepada data base situs dari¬† Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berarti kan ini kecolongan,” tegas Ruhiyat Sujana Jumat 2 Juli 2021.

Baca Juga  Musim Pancaroba, Dinkes Minta Masyarakat Hati-hati di Wilayah Ini.....

Ruhiyat menambahkan, seharusnya ketika itu sudah menjadi aset kemudian dijaga dan dirawat. Atas kejadian itu berarti bentuk perawatan dan penjagaannya memang mungkin tidak dilakukan, sehingga ini terjadi jual beli.

Dan juga Ruhiyat mengatakan, seharusnya Disbudpar bersama-sama dengan instansi terkait yang pertama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor berkomunikasi bersama menjadi fasilitator.

“Agar persoalan jula beli lahan aset cagar budaya itu bisa segera diselesaikan. Kan tidak hanya cukup dari Aset (BPKAD) saja yang turun harusnya Disbudpar juga turun dan Disdik juga turun bareng-bareng selesaikan,” katanya.

Baca Juga  Lebaran 2021 Masih 2 Bulan Lebih, Harga Cabai Kabupaten Bogor Mulai Naik

Lebih lanjut kata Ruhiyat, selama ini Disbudpar berbicara program yang didengungkan oleh Bupati Bogor terkait sport and tourism.

Tentu dengan adanya kejadian itu tidak ditangkap secara optimal oleh Disbudpar, bagaimana hari ini terkait wisata, lalu kolaborasi dengan seni dan budaya dan lain sebagainya belum maksimal.

“Sehingga tidak ada kreatifitas membuat program, terlihatnya dari membuat programnya yang tidak terlihat,” ucapnya.

Ruhiyat menegaskan, atas kejadian itu pertama yang dipertanyakan adalah soal Data Base, kemudian bukan hanya soal di data saja, tetapi harus dijaga dan dirawat, sehingga nantinya bermuara kepada program.

Baca Juga  TNI Siap Bagikan 20 Ribu Obat Gratis Lewat Program Go Babinsa

“Kalau kami sebagai Komisi IV ketika berbicara budaya dan pendidikan yang menjadi leading, kami juga akan mendorong apalagi misalnya sport and tourism antara wisata,” tegasnya.

Dengan kolaborasi dinas pariwisata menggabungkan antara kesenian budaya dan pariwisata, dirinya menyakini arah peningkatan ekonomi akan terbangun.

“Bagaimana kita mau berbicara ekonominya, perilindungan terhadap kesenian, budaya dan pariwisatanya saja masih dipertanyakan,” pungkasnya. Adv

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Konsisten, Positivity Rate Selalu di Bawah Dua Persen

22 September 2021 - 23:05 WIB

Konsisten

Tangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita

22 September 2021 - 21:20 WIB

AMSI

Bupati Bogor Terima Sertipikat 500 Bidang Tanah Redistribusi Bagi Masyarakat Jasinga dan Pamijahan

22 September 2021 - 20:12 WIB

Redistribusi

Ciptakan Kondisi Lebih Nyaman, Perumda Tirta Pakuan Gelar Lomba Kebersihan Antar Departemen

22 September 2021 - 19:06 WIB

Perumda Tirta Pakuan

Terkait Kasus dengan Rocky Gerung, BPN Minta Sentul City Jangan Asal Somasi dan Gusur

22 September 2021 - 18:53 WIB

Diduga Hendak Bikin Konten, Remaja Tewas Tergilas Truk

22 September 2021 - 18:36 WIB

Trending di Kabupaten Bogor