Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalMalaysia Kapok Pakai Sinovac, Beralih ke Vaksin Ini….

Malaysia Kapok Pakai Sinovac, Beralih ke Vaksin Ini….

BOGORDAILY Negara Malaysia rupanya kapok memakai vaksin Sinovac buatan China. Mulai Jumat 16 Juli 2021 hari ini, Otoritas kesehatan Malaysia menegaskan bahwa negara-negara bagian di wilayahnya akan mulai menyalurkan lebih banyak vaksin Covid-19 buatan .

Demikian dilansir media setempat The Star, Jumat 16 Juli 2021 Menteri Kesehatan Malaysia, Dr Adham Baba, menyatakan negaranya akan menghentikan penggunaan vaksin Sinovac begitu pasokannya habis.

“Kita akan mulai beralih ke vaksin karena kita awalnya memulai dengan memberikan banyak vaksin Sinovac ke masyarakat,” ucapnya.

Penjelasan itu disampaikan Dr Adham saat menjawab pertanyaan soal pengumuman Departemen Kesehatan Kelantan bahwa pihaknya berhenti menyuntikkan vaksin Sinovac pada akhir bulan ini.

Dr Adham membenarkan bahwa penghentian penggunaan vaksin Sinovac akan dimulai di Kelantan sebelum diikuti negara bagian lainnya. “Jadi itu akan dimulai di Kelantan dan segera negara-negara bagian lainnya mengikuti,” tuturnya seperti dilansir Malay Mail.

Secara terpisah, Direktur Jenderal pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, menekankan bahwa langkah untuk menghentikan penggunaan vaksin Sinovac adalah semata karena pasokan vaksin mendominasi portofolio Program Imunisasi Nasional COVID-19 di Malaysia.

“Pada dasarnya karena kita memiliki cukup pasokan vaksin Pfizer, lebih dari 44 juta dosis, jadi sekarang vaksin utama yang akan digunakan adalah vaksin Pfizer,” tegasnya. (dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here