Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaMiris! Nasib Pengusaha Restoran di Masa Pandemi, Bisa Bertahan dengan Menjual Mobil...

Miris! Nasib Pengusaha Restoran di Masa Pandemi, Bisa Bertahan dengan Menjual Mobil hingga Piring

Bogordaily.net – Kondisi pandemi Covid-19 membuat jatuh bangun, mereka melakukan segala cara untuk bisa bertahan, mulai dengan memangkas karyawan hingga menjual aset.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia () Bidang Restoran, mengatakan.”Satu setengah tahun, kami hanya mengendalikan kerugian. Pinjam bank, bank tidak kasih, mau minta siapa lagi? Jadi jual mobil, jual ini,” ujarnya.

Menurutnya, penjualan aset pribadi untuk mempertahankan restoran banyak dilakukan pengusaha agar tetap bisa menjalankan roda bisnisnya.

“Misalnya dia ada enam cabang, dia tutup empat cabang. Alat-alat dapurnya bisa dijualin untuk biaya operasional restoran lainnya, mobil dijual, furniturenya dijual, piring-piringnya dijualin,” tuturnya.

Selain menjual aset, kata Emil, juga terpaksa memangkas jumlah karyawannya, yang awalnya 20 orang menjadi enam orang.

“Jadi kami sudah pencak sikat abis. Kami sepakat basmi Covid-19, cuman caranya ini harus gas dan rem. Pemerintah sudah katakan kita hidup bersama Covid, tapi selama ini rem terus, rem lima kali gasnya sekali, lama-lama mati kalau begitu,” tuturnya.

Emil pun menyayangkan sikap pemerintah yang tidak mengajak diskusi pelaku usaha restoran dalam menjalankan kebijakan pembatasan pergerakan orang seperti PSBB maupun PPKM.

“Persoalannya bukan diperpanjang PPKM atau tidak, tapi soal kepastian. Sekarang dibuka kami siap, tapi nanti tiba-tiba disuruh tutup, ini sudah 12 kali PSBB ataupun PPKM,” papar Emil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here