Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPemerintah Jepang Berikan 173.200 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Bali

Pemerintah Jepang Berikan 173.200 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Bali

Bogordaily.net – Sebanyak 173.200 dosis , yang merupakan hibah dari , sudah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Jumat 23 Juli 2021 pukul 10.18 Wita.

“Total ada 30 koli/boks. Jumlah 17.320 vial/173.200 dosis,” kata Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Reza RR Sastranegara dikutip dari Detik, Sabtu 24 Juli 2021.

dari Jepang tiba Reza mengatakan dengan nomor batch D005A tersebut diterbangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-404.

Setelah tiba, tersebut dikirim menuju gudang di Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Penerimaan dan pengiriman vaksin diawasi ketat oleh personel, baik dari Lanud I Gusti Ngurah Rai maupun dari Polda Bali.

“Kita pastikan vaksin tersebut dapat diterima dengan baik dan didistribusikan menuju Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Dari Dinkes Provinsi Bali didistribusikan ke dinkes kota/kabupaten dengan protap pengawalan tetap oleh Polda Bali,” terang Reza.

Sebelumnya, Indonesia telah kedatangan vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca sebanyak 998.400 dosis pada Kamis 1 Juli 2021 sekitar pukul 16.02 WIB.

Vaksin ini merupakan bantuan dari dalam rangka mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Vaksin ini rencananya akan didistribusikan ke daerah di level 3 dan 4, untuk dapat diberikan kepada masyarakat.

“Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Duta Besar Jepang, , dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman ke Indonesia,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan, bantuan ini merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang, yang mana perbincangan di antara keduanya berfokus pada isu doses sharing vaccine atau berbagi dosis.

Dari perbincangan keduanya, sepakat memberikan 2,1 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan dalam dua tahap.

Sebagai tindak lanjut, pada 29 Juni 2021, Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sepakat untuk menandatangani exchange of note, yang menandai kerja sama untuk penanggulangan Covid-19.

“Indonesia berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Jepang yang telah bersedia berbagi untuk melakukan doses sharing dan mendukung secara konkret upaya penanganan pandemi di Indonesia,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here