Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaPentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Bogordaily.net – Pandemi yang datang di Indonesia sejak terdeteksi Februari tahun lalu, terbukti memiliki dampak buruk terhadap dan .

Emosi negatif muncul karena suasana yang jenuh, perasaan khawatir terhadap banyak hal seperti kesehatan diri, keluarga, bahkan penghasilan.

Ketua Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI), Wiwin dalam seminar nasional “Membangun Ketangguhan Keluarga: Membentuk Inisiatif dan Dukungan Kesehatan ”.

“Emosi negatif itu ada dimana-mana, emosi negatif pun demikian. Nah, dengan dominasi emosi negatif terjadi banyak fluktuasi stres. Kadang tenang, kadang naik lagi,” ucapnya Selasa 29 Juni 2021.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Erna Mulati juga mengatakan, pandemi juga dapat mengubah pola komunikasi.

“Pandemi membawa perubahan pola komunikasi dan perasaan bingung karena banyaknya informasi, oleh karena itu mental kita akan sangat sulit stabil,” ucapnya.

Untuk menghadapi pandemi ini, usaha yang harus dilakukan yang pertama adalah menjaga kebersihan lingkungan, menciptakan suasana lingkungan yang menyenangkan, dan selalu berpikir positif.***

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here