Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPerang Lawan Korupsi, Puan Maharani: Kejaksaan Jadi Panglima Perangnya

Perang Lawan Korupsi, Puan Maharani: Kejaksaan Jadi Panglima Perangnya

Bogordaily.net – Peringati Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa, Puan Maharani menyampaikan, rasa bangga dengan sederet prestasi selama ini menjadi panglima, yang telah berhasil menyelesaikan perkara-perkara pelik serta menyelamatkan aset bangsa.

Menurutnya, Kejaksaan merupakan panglima perang dalam mencapai cita-cita Indonesia yang bebas korupsi.

“Bangsa ini sedang berperang memberantas korupsi, dan Kejaksaan ini ibarat panglima perangnya, yang menentukan kemenangan kita,” kata , Puan Maharani dalam keterangan tertulis kepada Parlementaria, Kamis 22 Juli 2021.

Puan mengingatkan untuk berupaya menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Penegakan hukum tidak lagi menitikberatkan kepada seberapa banyak perkara korupsi yang ditangani, namun lebih kepada upaya untuk menjamin suatu wilayah bebas dari korupsi.

“Kita semua memimpikan hari di mana seluruh wilayah Indonesia bebas dari tindak korupsi. Bahwa semua rakyat, aparatur sipil, pemangku jabatan, dan pemimpin beserta jajarannya telah menerapkan dengan sepenuh hati untuk menghindari segala potensi korupsi dalam setiap tindakannya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, politisi PDI-Perjuangan menuturkan, sepanjang tahun 2020, telah melakukan penyelamatan keuangan negara dengan total Rp19,6 triliun oleh bidang pidana khusus. Secara total, penyelamatan uang negara di seluruh Indonesia mencapai Rp905,2 triliun.

Melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, selama periode Oktober 2019 hingga Oktober 2020 telah berhasil melakukan penyelamatan keuangan negara, dengan total mencapai Rp388,8 triliun dan 11,8 juta dolar AS.

Dalam periode sama, juga telah melakukan pemulihan keuangan negara sebesar Rp 11,1 triliun dan 406.906 dolar AS.

juga berperan dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Saya apresiasi sejak awal Juli lalu sudah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. Ini membuktikan seluruh elemen negara memang tengah mendorong upaya-upaya agar Indonesia segera terlepas dari Covid-19,” ucapnya.

Tahun 2021 ini, Hari Kejaksaan jatuh pada Kamis, 22 Juli 2021 yang merupakan perayaan ke-61 dengan mengambil tema ‘Berkarya untuk Bangsa'.

Penetapan tanggal tersebut dilatarbelakangi oleh berdirinya , yakni pada 22 Juli tahun 1960, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 204/1960.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan selamat Hari yang ke-61. Kita semua berharap di usianya yang semakin matang, Kejaksaan RI kian giat berjuang sebagai tulang punggung penegakan hukum di Indonesia,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here