Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorPeringati HAN 2021, DP3A Kota Bogor Bantu Anak Terdampak Covid-19

Peringati HAN 2021, DP3A Kota Bogor Bantu Anak Terdampak Covid-19

Bogordaily.net – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2021, secara virtual, Jumat 23 Juli 2021.

Peringatan mengusung tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju' dengan tagline #AnakIndonesiaGembiraDiRumah. Sedangkan sub tema di Kota Bogor adalah ‘Anak Kota Bogor, Anak Sehat dan Gembira'.

Kepala , Iceu Pujiati menuturkan, pelaksanaan HAN tahun ini berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, dihadapkan dengan tantangan pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak sebagai salah satu kelompok rentan terdampak.

Masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta cenderung meningkatnya kasus kekerasan selama pandemic sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak, maupun belajar dan bekerja di rumah, menjadi persoalan yang harus segera dituntaskan.

Berdasarkan tantangan tersebut, maka menjadi motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN.

“Tujuan umum penyelenggaraan peringatan HAN adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa,” katanya.

“Diharapkan peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 6 Kecamatan di Kota Bogor, termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK),” sambung dia.

Sedangkan tujuan khusus HAN, dituturkan Iceu, untuk memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani.

“Tujuannya agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” imbuhnya.

Dengan demikian, lanjut dia, upaya pembinaan anak perlu diarahkan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.

Kemudian, tujuan lainnya untuk mendorong pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sektor untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak, dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing.

Selanjutnya, mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (Idola) 2030. Lalu, menurunkan angka kekerasan terhadap anak serta meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan. Terakhir, memastikan anak-anak tetap di rumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19.

Dijabarkan Iceu, sejumlah kegiatab dalam rangkaian acara yang akan dan telah diselenggarakan Kota Bogor diantaranya Podcast forum anak Kota Bogor, dikemas dengan nama ‘Cerita Kita' merupakan program rutin dilaksanakan sebulan sekali sejak Mei 2021.

Selain itu lomba Duta Hari Anak 2021, merupakan perlombaan yang bertujuan untuk mempromosikan hak anak secara massive, dengan menghadirkan isu-isu anak di Kota Bogor melalui video singkat.

“Peserta dalam perlombaan ini adalah anak Kota Bogor yang berusia 12-17 tahun,” beber Iceu.

Pada puncak acara yang diselenggarakan 31 Juli 2021, akan dilaksanakan audiensi suara anak Kota Bogor bersama wali kota dan Bunda Forum Anak Daerah Kota Bogor.

Terakhir, adalah gerakan Pembagain paket spesifik merupakan kegiatan untuk membantu anak-anak yang terdampak Covid-19 yang tersebar di 68 kelurahan dengan target paket untuk 942 anak.

“Seluruh rangkaian acara tingkat Kota Bogor merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi pentahelix pemerintah, akademisi, komunitas/ lembaga, sektor bisnis dan mayarakat itu sendiri dalam memenuhi hak anak dan perlindungan anak,” ujar Iceu.

Terpisah, Sekretaris , Ana Ismawati tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra pendukung Peringatan HAN Tingkat Kota Bogor 2021, meliputi Forum Anak Kota Bogor (FANATOR) beserta Bunda FAD, Child Fund International bersama Yayasan Warga Upadaya, Gerakan Pakai Masker (GPM, KPAI Kota Bogor, Asosiasi Perusahaan Sayang Anak (APSAI) Kota Bogor, LPPM IPB, alumni 32 IPB, PT. Frisian Flag Indonesia dan BJB.

“Kami ucapkan terima kasih berbagai pihak yang sudah mendukung seluruh rangkaian acara ini,” kata Ana selaku penanggung jawab kegiatan HAN Kota Bogor 2021.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here