Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaRidwan Kamil Himbau Masyarakat Shalat Idul Adha di Rumah

Ridwan Kamil Himbau Masyarakat Shalat Idul Adha di Rumah

Bogordaily.net – Menekan lonjakan kasus Covid-19, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat Idul Adha saja.

“Mari kita melaksanakan ibadah Idul Adha saja dan melaksanakan ketaatan kita sesuai dengan para ulama dengan fatwa-fatwanya, dan ketaatan kepada arahan pemimpin,” kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Senin 19 Juli 2021.

Terkait penyembelihan hewan , pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta agar warga mengoptimalkan hari tasyriq (11-13 Zulhijjah), dan membeli hewan dengan menafaatkan teknologi dan transaksi online, agar menghindari kerumunan di lokasi penyembelihan.

“Satu petugas satu alat, jangan bergantian. Sementara pemilik hewan tidak perlu hadir di lokasi, panitia bisa memfasilitasi dengan alat komunikasi, bisa zoom atau lainnya,” ucap Kang Emil.

Pendistribusian daging hewan , kata Kang Emil, harus dilakukan dari rumah ke rumah sehingga tidak menimbulkan kerumunan di lokasi penyembelihan .

Terkait lokasi penjualan hewan , Kang Emil menegaskan wajib menerapkan protokol kesehatan, menjaga lokasi berjualan dan hewan kurban tetap bersih.

Covid-19 memaksa kita semua untuk beradaptasi dalam merayakan hari besar keagamaan, tidak terkecuali Idul Fitri dan Idul Adha. Kita dipaksa menunda tradisi-tradisi hari kemenangan karena yang terpenting saat ini adalah masyarakat harus memastikan kesehatan dirinya dan keluarga,” ucapnya.

Sebelumnya, gubernur telah menerbitkan Surat Edaran Nomor: 117/KB.03.03.04/Hukham tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran dan salat Idul Adha Tahun 2021/1442 H.

Di dalamnya terdapat aturan terkait penyelenggaraan malam takbiran di masjid atau mushola, takbir keliling, baik yang bersifat arak-arakan berjalan kaki atau berkendaraan ditiadakan di seluruh Jabar.

Kemudian, masjid atau musala yang dikelola oleh masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum tidak menyelenggarakan salat Hari Raya Idul Adha di seluruh Jabar.

“Masyarakat melakukan Shalat Hari Raya Idul Adha /tempat kediaman masing-masing” seperti dikutip detikcom dari surat edaran tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here