Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSering Begadang di Malam Hari? Awas Kena Penyakit Ini

Sering Begadang di Malam Hari? Awas Kena Penyakit Ini

Bogordaily.net – Masih banyak orang yang tidak menjaga pola kesehatannya terutama sering begadang. Pasalnya, begadang dapat membawa dampak buruk bagi .

Kondisi kurang tidur sebagai salah satu efek buruk dan dapat membuat fisik menjadi lebih mudah lelah. Tidur yang berkualitas di malam hari sekitar pukul 21:00 WIB atau 22:00 WIB.

Jika sering begadang, hati-hati kena ini:

1. Meningkatnya Gula Darah

Pertama dampak buruk begadang ialah peningkatan kadar gula darah. Kadar gula darah tinggi menjadi penyebab utama jantung dan ginjal.

2. Meningkatnya Risiko Jantung

Efek begadang bagi juga dapat meningkatkan risiko jantung. Perubahan pola tidur yang enggak menentu, misalkan rutin tidur di hari kerja dan begadang sesekali setiap pekan dapat menyebabkan ‘jet lag'.

Untuk setiap jam ‘jet lag' pergeseran jam tidur tersebut, risiko jantung orang yang begadang meningkat sebesar 11 persen.

3. Rentan Terkena Depresi

Ketiga bahaya begadang bagi mental yang enggak boleh disepelekan yakni depresi. Orang yang terbiasa begadang cenderung mengalami gejala depresi.

Kendati demikian, para ahli kini masih meneliti hubungan sebab akibat antara begadang dan depresi, tapi yang pasti keduanya saling berkaitan.

4. Panuaan Dini

Keseringan begadang membuat wajah berkeriput, mata bengkak dan membuat kulit pucat. Selain itu, kekurangan tidur berkepanjangan juga dapat memicu garis halus pada wajah serta lingkaran hitam di bawah mata.

5. Stroke

Begadang juga berakibat pada pembuluh darah yang tidak berfungsi secara optimal. stroke masih bias dicegah dengan memperhatikan gaya hidup, seperti menjaga kualitas tidur di malam hari.

6. Produksi Hormon Pertumbuhan

Produksi hormone bergantung pada cukupnya waktu tidur, anda butuh tidur sekitar 8 jam perhari. Apabila anda sering bangun di malam hari, maka produksi hormone dapat terganggu.

Bahaya begadang juga dapat menganggu produksi hormon pertumbuhan, terutama pada anak dan remaja, sehingga tubuh mereka bisa lebih pendek dan memiliki dampak lainnya.

7. Menurunkan Kemampuan Otak

Efek begadang bagi juga dapat menurunkan fungsi otak untuk berpikir. Fungsi otak ini terkait dengan perhatian, fokus, konsentrasi, respons, daya ingat, sampai kecerdasan emosional.

Selain itu, kurang tidur karena begadang juga dapat menurunkan kreativitas dan kemampuan otak dalam memecahkan masalah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here