Saturday, 20 April 2024
HomeKulinerSoto Kuning Bogor Menu Legendaris dari Kota Hujan

Soto Kuning Bogor Menu Legendaris dari Kota Hujan

Bogordaily.net – salah satu khas asal Kota Hujan. Menu ini menjadi buruan para pencinta . Tidak sulit jika ingin menikmati Bogor, masyarakat Bogor bisa mendapatkannya di seumlah sentra atau Jalan Protokol dalam Kota Bogor.

khas Bogor ini wajib untuk dicoba.Bagi yang punya riwayat asam urat, bisa mngeliminasi jeoran. Jadi hanya pakai daging saja. Masyarakat Bogor, tentunya sudah sangat terbiasa makan soto ini.

khas bogor biasanya menggunakan daging berikut jerohan sapi seperti kikil, iso, dan babat. Citarasanya yang gurih dan sedap selalu diminati para penikmat .

Jika dibuat sendiri, sepertinya bakal lebih Yummmy, berasa lebih enak dong. Resep ini merupakan resep keluarga. Tak heran Bogor jadi salah satu masakan favorit suami serta anak-anak.

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:
700 gr daging sapi
Air secukupnya untuk rebusan pertama
1.5 liter air, untuk rebusan ke 2
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas, memarkan
1 liter santan dari 1 butir kelapa (pilih yg tua)
Atau sesuaikan selera tingkat kekentalan santannya ya 😊
2 batang daun bawang, ambil bagian batang bawah, potong 1cm
Secukupnya minyak sayur untuk menumis
Secukupnya garam dan gula (boleh pakai kaldu bubuk jika suka)

Bumbu yang dihaluskan :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok merica butir
4 butir kemiri, goreng/sangrai
3 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe

Pelengkap :
Perkedel kentang
Emping melinjo
Bawang goreng
Seledri, iris halus
Jeruk limau
Sambal rawit

Langkah
Rebus daging yg sudah dicuci bersih dalam secukupnya air mendidih sebentar saja. Angkat, buang air rebusan. Lalu rebus kembali daging dengan 1.5 liter air sampai empuk. (Airnya pst berkurang, saya pakai pressure cooker 40 menit). Angkat, potong-potong. Sisihkan. Pakai sisa air rebusan daging untuk kuah soto. Sisihkan.

Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, serai dan lengkuas sampai harum dan matang. Lalu masukkan ke dalam air kaldu sisa rebusan daging tadi. Tambahkan santan, aduk terus sampai mendidih. (Jangan pecah ya). Kemudian masukkan potongan daging. Masak hingga bumbu meresap. Terakhir masukan potongan batang daun bawang, aduk rata kembali. Matikan kompor.

Sajikan hangat dalam mangkuk. Sandingkan bersama nasi dan pelengkap lainnya.

Resep sambal rawit :
20 buah rawit merah, cuci bersih, rebus sebentar, angkat, tiriskan. Kemudian ulek/haluskan, beri secukupnya air panas, sedikit garam dan cuka makan, aduk rata. Siap disajikan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here