Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorSssttt...Wali Kota Bogor Sebut Ada 2% Warganya yang Ketiban Untung Saat Pandemi

Sssttt…Wali Kota Bogor Sebut Ada 2% Warganya yang Ketiban Untung Saat Pandemi

BOGORDAILY mengakui sebanyak 42% warganya menganggur dan berhenti bekerja (PHK) saat masa pandemi Covid-19. Angka tersebut diambil berdasarkan survei yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam dua bulan terakhir. Kendati demikian, ada sekitar 2% warganya yang di masa pandemi ini penghasilnya ini naik hingga 300%.

“Mereka yang bergerak dalam bidang kesehatan, olahraga, sayur mayur, buah-buahan, dan dekorasi rumah yang penghasilannya naik hingga 300%,” ungkap dalam dalam acara Investor Daily Summit 2021, yang disiarkan secara daring, Kamis 15 Juli 2021.

Sementara itu, lanjut Bima, bila dibedah dari 42% warganya yang menganggur dan berhenti bekerja (PHK) itu, dari sisi profesi pekerjaan adalah buruh, sopir, atau pekerja jasa yang terdampak dengan menurunnya sektor hotel, restoran, atau tempat wisata. Sektor lainnya disumbang dari pekerja toko, pedagang kaki lima, hingga pekerja swasta.

“Sebagian besar kondisinya sama, mulai dari beberapa kebijakan PSBB. Ada juga sempat menganggur dan bekerja kembali, juga ada yang sempat menganggur dan pindah tempat kerja,” papar Bima.

Dari data survey, Lanjut Bima, hampir seluruh responden juga mengalami penurunan penghasilan. Sebagian besar atau 35% mengatakan penghasilan turun tidak dari setengahnya, 33% turun dari setengahnya, 22% sama dengan kondisi sebelumnya. Namun terdapat 2% warganya yang mengalami lonjakan pendapatan hingga 300%.

Untuk itu, Pemkot saat ini tengah mengembangkan atau terus memacu pengembangan dari sektor-sektor potensial dengan menggandeng beberapa dinas, PHRI atau Kadin. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here