Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaBernuansa Islami, STAI Al Hidayah Cetak Mahasiswa Penghafal Al Qur'an

Bernuansa Islami, STAI Al Hidayah Cetak Mahasiswa Penghafal Al Qur’an

Bogordaily.net merupakan kampus yang bernuansa islami, dan mencetak hafiz atau penghafal Al Qu'ran.

Hal itu tersebut dikatakan oleh salah satu STAI Al Hidayah Bogor bernama La Olo Abdul, jurusan Ushuludin Program Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir, angkatan tahun 2018.

“Saya memilih kuliah di STAI Al Hidayah Bogor karena nyaman dengan kampusnya, yang memiliki suasana Islami dan saya tetap bisa menjaga hafalan Al Qur'an,” ucap La Olo kepada Bogordaily.net, Kamis 22 Juli 2021.

Dirinya mengungkapkan bahwa, ia bahagia bisa menuntut ilmu di kampus yang tepat sesuai dengan passionnya.

“Rasanya Kuliah di STAI Al Hidayah Bogor sangat bahagia, karna saya mengambil program studi yang memang saya suka, terlebih lagi saya ingin naik level keilmuannya terkait Al Qur'an. Setelah menghafalnya yaitu mempelajari tafsirnya. Makanya saya mengambil Program Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir,” jelasnya.

La Olo juga menceritakan sedikit pengalamannya saat menjadi (Presma) di STAI Al Hidayah Bogor.

“Disini juga saya mengikuti organisasi dari Semester 2 hingga saat ini semester 6. Banyak suka cita yang tak henti membuat syukur bisa berada di kampus ini dan dalam pusaran organisasi, terlebih ketika pada september 2020 hingga saat ini saya di amanahkan menjadi ,” ujar La Olo.

Penghafal
La Olo Abdul sekaligus (Presma) di kampus STAI Al Hidayah Bogor bersama teman-temannya. (istimewa/Bogordaily.net)

Lanjutnya, semenjak menjadi Presma ia semakin antusias dan optimis dalam menjalankan aktifitas kuliah serta organisasi, dimana saya merasa menjadi seutuhnya.

“Menjadi yang bermanfaat untuk lainnya dan menjadi rakyat yang bermanfaat untuk rakyat lainnya. Motivasi dari Hadis Nabi, Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainya,” ungkapnya.

Kemudian menurutnya, para Dosen di STAI Al Hidayah Bogor sangat pakar dalam ilmu khususnya di mata kuliah yang diajarkan.

“Di jurusan saya Ilmu Al Qur'an Dan Tafsir, banyak para dosen yang sudah menyelesaiakan doktoralnya, bahkan lulusan luar negeri. Sehingga sangat pakar dalam keilmuan Al Qur'an dan Tafsir. Kami selalu antusias ketika mengikuti mata kuliah dan merasa sangat rugi jika melewatkan perkuliahan,” jelasnya.

La Olo juga ternyata sudah menjadi hafiz atau penghafal Qur'an, dan semakin diasah serta dijaga, setelah belajar di STAI Al Hidayah Bogor.

“Alhamdulillah saya hafal Al Qur'an 30 Juz, dulu mulai menghafal di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari dan menyelesaiakan hafalan Khatam 30 Juz di Ma'had Tahfiz Qur'an Al Askar Jakarta,” kata La Olo.

Penghafal
Sekolah Tinggi Agama Islam  (STAI) Al–Hidayah Bogor, di Jalan Raya Dramaga KM 7 Margajaya. (Istimewa/Bogordaily.net)

Ia mengungkapkan, menjadi hafiz karena ingin meneladani para ulama dahulu. Para ulama dahulu sebelum belajar ilmu yang lainnya maka mereka mempelajari Al Qur'an dan mengafalkannya terlebih dahulu.

‘Imam As Syafii menyelesaikan hafalan Al Qur'an di usia 7 tahun, begitupun ulama-ulama lainnya menghafalkan Al Qur'an diawal pengembaraan mereka menuntut ilmu. Sebagai generasi yang ingin meneruskan risalah Islam yang mulia ini, maka para ulama terdahulu lah yang harus dijadikan contoh,” sambungnya.

La Olo juga membagikan tips dan triknya saat menghafal Al Qur'an, yakni harus fokus. Dimana artinya jika ingin menghafal Al Qur'an maka sediakan waktu khusus, untuk menghafal dan mengulangi yang sudah di hafalkan.

“Tinggal di lingkungan para penghafal Al Qur'an, simplenya tinggal di pesantren agar fokus hari hari dilalui bersama guru dan teman sesama penghafal, sehingga semangat dan motivasi menghafal terbantu oleh guru dan lingkungan yang mendukung,” ujarnya.

Jika menghafalkan Al Qur'an ayat demi ayat, surat demi surat, lama-lama akan ada rasa ketagihan, untuk terus menghafalnya sampe selesai 30 Juz.

“0Karna mengahafal Al Qur'an ini beda dengan menghafal yang lain, semakin di hafal semakin nikmat, dan ada ketenangan dan kenyamanan tersendiri yang Allah berikan. Sulit untuk dijelaskan namun hanya dirasakan oleh diri sendiri saja,” ujarnya.

Ia berharap kampus STAI Al Hidayah Bogor semakin maju, berproses untuk semakin lebih baik lagi baik itu dalam hal pelayanan mahasiswa, pelayanan akademik, biaya kuliah dan dalam waktu dekat pembukaam program Studi Pasca Sarjana atau Magister segera dibuka.

“Saya mengajak adik-adik diluar sana yang masih bingung mencari kampus untuk kuliah, yuk kuliah di STAI Al Hidayah Bogor! Kampusnya nyaman dan Islami. Insyaallah terhindar dari pergaulan buruk dan membuat diri semakin tinggi ilmunya juga imannya. Karna kampus kami adalah kampus Islami, Ungggul, dan Bersyariah,” pungkasnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here