Wednesday, 8 May 2024
HomeEkonomiTol-tol Baru Beroperasi, Ini Lokasi-Lokasinya!

Tol-tol Baru Beroperasi, Ini Lokasi-Lokasinya!

BOGORDAILY- Uji coba gratis Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi I ruas Telaga Asih dimulai hari ini, Sabtu (31/7). Ada beberapa ruas tol yang juga sudah selesai konstruksi pada bulan Juli ini.

Selain Tol Cibitung-Cilincing, jalan tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) sepanjang 99,55 km di Pulau Kalimantan, seksi 1 dan 5 mencapai tahap akhir penyelesaian. Kedua seksi yang dari porsi Kementerian PUPR sudah 100% selesai konstruksinya dan siap dioperasikan.

Jalan tol ini menjadi pendukung konektivitas di ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda juga berbagai pusat bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Bontang.

Tol Balsam terdiri atas 5 seksi, yakni seksi 1 Balikpapan – Samboja 22,03 km, dan seksi 5 Balikpapan – Sepinggan 11,09 km yang menjadi porsi dari pemerintah.

Selain itu, jalan tol layang DKI Jakarta tahap 1 Semanan – Pulogebang seksi A Kelapa Gading – Pulogebang 9,3 km juga sudah selesai konstruksi pada bulan Juli.

Progress konstruksi sudah mencapai 98% yang dalam waktu dekat dapat segera dioperasikan. Direktur Utama PT Jakarta Toll Road Development, Frans S. Sunito selaku BUJT proyek ini mengkonfirmasi paling tidak tol ini dapat beroperasi pada September 2021.

“Pembangunan sudah selesai, saat ini sedang proses uji laik fungsi oleh Kementerian PUPR, rencana beroperasi pada awal September 2021,” jelasnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (16/7).

Pembangunan jalan tol tahap 1 Semanan – Pulogebang yang dikelola oleh BUJT PT Jakarta Tollroad Development (JTD) dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO) dengan nilai investasi sebesar Rp 2,05 triliun memiliki total panjang 31,2 km yang terdiri dari 3 Seksi.

Seksi A yaitu Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 Km, Seksi B ruas Semanan-Grogol sepanjang 9,5 Km dan Seksi C ruas Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 Km.

Proyek tol Cibitung – Cilincing seksi 1 SS – Cibitung – Telaga Asih 2,65 km progresnya sudah mencapai 99,72%. Ruas tol ini juga sudah lolos uji laik fungsi dan siap dioperasikan.

Mengutip website BUJT, PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, untuk seksi 1 ini sudah siap untuk dioperasikan pada 31 Juli ini.

Total keseluruhan tol yang menjadi jaringan JORR 2 ini terdiri atas 4 seksi dengan nilai investasi Rp 12,9 triliun. Seksi 1 SS Cibitung – Telaga Asih (2,65 km), Seksi 2 Telaga Asih – Muara Bakti (10,1 km) progresnya mencapai 98,06 %, Seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) progresnya mencapai 91,86 %, Seksi 4 Kanal Banjir Timur – Cilincing (7,2 km) progresnya mencapai 58,78 %. (cnbc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here