Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaWarga Jepang Mulai Eskodus Besar-besaran dari Indonesia

Warga Jepang Mulai Eskodus Besar-besaran dari Indonesia

Bogordaily.net - ramai-ramai di tengah lonjakan jumlah kasus Corona untuk menjalani vaksinasi di negeri asalnya.
di Jakarta sedang mengupayakan penerbangan tambahan untuk memulangkan warganya.

“Pemerintah Jepang bersama pihak swasta Jepang akan mengambil tindakan untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan penerbangan yang dialami di Indonesia dan sedapat mungkin melindungi keinginan warganya yang ingin kembali ke Jepang dalam waktu dekat,” demikian keterangan di Jakarta, Kamis 15 Juli 2021.

menjelaskan pihaknya sudah mengupayakan penambahan armada penerbangan di luar jadwal reguler Bandara Soekarno-Hatta.

“Saat ini dua maskapai penerbangan Jepang sedang mengupayakan penerbangan tambahan di luar jadwal reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Narita Airport. Kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan memberikan dukungan yang diperlukan untuk upaya ini,” lanjut keterangan tersebut.

Untuk saat ini jadwal penerbangan tersebut belum dapat ditentukan. Namun pihak sedang mengadakan survei untuk warganya yang ingin pulang.

“Walau jadwal untuk penerbangan tambahan ini belum dapat ditentukan, saat ini kantor kami sedang mengadakan survei untuk mengetahui jumlah warga negara Jepang yang ingin pulang agar dapat memberikan informasi yang lebih jelas kepada kedua maskapai serta mempersiapkan kedatangan mereka di Jepang,” tuturnya.

Sebelumnya, di Indonesia mengkonfirmasi adanya penerbangan khusus yang mengangkut dari Indonesia. Penerbangan itu disebut inisiatif dari perusahaan swasta.

“Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang, dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari pemerintah Jepang,” demikian keterangan di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu 14 Juli 2021.

Kedubes menjelaskan Jepang juga masih melakukan pembatasan masuk bagi orang-orang dari luar negeri. Bukan hanya Indonesia, pembatasan juga diberlakukan negara lain.

Sementara itu, Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, menjelaskan alasan pemulangan warganya ini.

“Dalam situasi pandemi yang sangat sulit bagi kita semua, sebagian warga negara Jepang di Indonesia akan kembali ke Jepang untuk mengikuti program vaksinasi di Jepang yang akan dimulai pada 1 Agustus mendatang,” tulis Dubes Kanasugi di akun Instagram miliknya.

Menurut Dubes Kanasugi, WN Jepang masih kesulitan mendapatkan vaksin di Indonesia. Mereka disebut akan kembali lagi ke Indonesia seusai vaksinasi.

“Hal ini dikarenakan masih sulitnya warga negara asing di Indonesia untuk mendapatkan vaksin di Indonesia. Namun mereka akan kembali ke Indonesia setelah mendapatkan vaksin di Jepang,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here