Friday, 29 March 2024
HomeNasionalWaspada Modus Baru Penipuan Uang Rp2.000 Dicat Hijau Mirip Rp20.000

Waspada Modus Baru Penipuan Uang Rp2.000 Dicat Hijau Mirip Rp20.000

Bogordaily.net – Sebuah video yang memperlihatkan penjual menerima uang untuk dagangannya baru-baru ini menuai sorotan publik. Sebab, ia terkena modus baru , yakni dengan mengecat Rp2 ribu menjadi Rp20 ribu.

Sebelumnya diketahui, pemalsuan uang merupakan kejahatan yang telah dilakukan sejak lama. Caranya pun semakin beragam, mulai dari mencetak sendiri hingga bahkan menjiplak langsung di kertas. Aksi tersebut tentu akan merugikan orang yang mendapatkannya.

Seperti yang dibagikan akun @scott.cuks di TikTok. Dalam video berdurasi kurang dari semenit, tampak seorang pria merekam uang berwarna hijau menyerupai pecahan Rp20 ribu. Aksi itu merupakan modus baru .

Ketika diperiksa, uang tersebut membuat ibu-ibu itu terkejut. Pasalnya, alih-alih mendapat uang pecahan Rp20 ribu, ternyata yang didapatkan justru Rp2 ribu yang telah disemprot dengan cat warna hijau.

Ilustrasi uang pecahan Rp 20.000 dan Rp 2.000. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

“Hati-hati, ya, penyemprotan uang Rp2.000, jadi kayak Rp20.000,” kata pengunggah dalam keterangan videonya.
Diceritakan pula bahwa pelanggan yang membeli nasi uduk dengan uang tersebut meminta kembalian kepada si penjual. Lantaran warnanya sama, ia tidak menyadari dan menuruti pelanggan dengan memberikan kembalian.

“Ibu ini merasa ditipu. Jadi, hati-hati ya buat para pedagang,” kata pria dalam video.

Seketika unggahan tersebut viral, diunggah ke berbagai sosial media dan ditonton hingga ratusan ribu kali. Beragam komentar diberikan, kebanyakan yang heran dengan penipuan tersebut. Tak sedikit pula yang memang sulit membedakan uang Rp2 ribu dan Rp20 ribu.

“Gak usah disemprot aja gua suka keliru antara Rp2 ribu sama Rp20 ribu,” kata akun @aykustiker.
“Menurut saya, uang pecahan 2 ribu itu dihilangkan saja,” sebut akun @loreng366.
“Emang dari awal uang Rp2 ribu ini menimbulkan kebingungan. Dari segi perhitungan kembalian juga karena warnanya. Sekarang juga uang Rp75 ribu, susah, susah,” ujar akun @bocah_gantengg.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here