Thursday, 9 May 2024
HomeBerita11 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Bogordaily.net merupakan buah dengan banyak untuk tubuh dan kaya serat ini memang tak pernah diacuhkan oleh orang-orang.

Kesegaran buahnya yang menggoda kerap kali membuat orang berbondong-bondong untuk mengonsumsinya.

Terlebih saat ini sedang musim mangga, hampir semua tokoh buah menghiasi raknya dengan tumpukan . Selain memiliki rasa yang enak, memang memiliki sejumlah untuk kesehatan.

Dikutip dari Health Impact News, seorang Nutrisionis dan Fisiolog Mae Chan menjelaskan, alasan perlunya mengonsumsi setiap hari, yakni:

1. Membersihkan Kulit Wajah

dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih segar. Selain dengan cara dikonsumsi secara rutin, gunakan juga untuk perawatan di luar.

Caranya mudah saja, irislah tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah selama 10 sampai 15 menit. Akhiri dengan mencuci wajah hingga bersih.

2. Menurunkan Berat Badan

Mangga kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain yang dapat membantu perut mudah kenyang. Mae Chan menambahkan buah ini memiliki peran dalam mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Memiliki Sfat Alkali

Alkali memliki peran yang vital dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Nah, Mae Chan mengatakan mangga mengandung asam tartarat, asam malat dan asam sitrat yang memiliki peran dan fungsi layaknya alkali tubuh.

4. Mengontrol Gula Darah

Mangga memiliki kadar glikemik yang rendah, yaitu sekitar 41 sampai 60, sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Namun begitu, kamu perlu memeriksa kadar gula darah agar konsumsi mangga tetap aman bagi tubuh. Begitu kata Mae Chan.

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Kabar gembira bagi para pria nih. Pasalnya, dapat meningkatkan gairah seksual khususnya pada pria.

Mangga memiliki kandungan vitamin E yang cukup melimpah. Vitamin ini dapat membantu mengontrol hormon seksual, baik pada pria maupun wanita.

6. Menyehatkan Mata

Yang satu ini juga tidak kalah penting untuk diketahui. Mae Chan mengungkapkan kaya sumber vitamin A. Dalam satu cangkirnya, buah ini dapat menyumbangkan kebutuhan vitamin A harian hingga 25 persen. Vitamin A memiliki peran yang amat penting untuk menjaga kesehatan mata.

7. Melancarkan Pencernaan

Selain serat, mangga mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Lebih jauh, Mae Chan menambahkan serat alami yang terkandung dalam mangga dapat berperan sebagai probiotik, sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan.

8. Mengatasi Dehidrasi

Sifat buah mangga yang kaya air, membuat buah ini cocok dihidangkan saat cuaca panas. Buatlah jus mangga segar, tambahkan sedikit gula atau madu serta air secukupnya. Hidangkan selagi dingin, agar dehidrasi pada tubuh dapat berangsur-angsur membaik.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Alasan lain perlunya mengonsumsi mangga, yaitu karena kaya vitamin C dan 25 jenis karotenoid. Menurut Mae Chan, sumber nutrisi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah mengalami sakit.

10. Menjadi Scrub Wajah

Bagi kamu yang ingin memiliki wajah mulus bebas jerawat, manfaatkan mangga ini untuk menggosok wajah secara rutin.

Mae Chan memberikan resep komplitnya dengan mencampurkan tumbukan mangga, madu dan susu. Setelah seminggu, rasakan perbedaannya.

11. Pilihan Camilan Sehat

Daripada makan menghabiskan waktu luang dengan ngemil snack yang tak jelas gizinya, mending memakan mangga yang sudah jelas nutrisi dan manfaatnya.

Kamu dapat langsung memakan buah ini atau membuatnya menjadi jus buah yang menyehatkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here