Saturday, 20 April 2024
HomeBerita3 Cara Cek BPJS Kesehatan

3 Cara Cek BPJS Kesehatan

Bogordaily.net – Ada 3 cara cek . Pertama melalui Mobile JKN, website BPJS dan call center. Berikut ini adalah beberapa metode cara cek aktif atau tidak sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Cara cek aktif atau tidak bisa dilakukan melalui beberapa media.

Data yang diperlukan adalah nomor kartu atau bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Punya sifatnya adalah untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sakit. Kalau tidak sakit, itu artinya tidak dipakai. Setelah berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan jika tidak pernah digunakan, maka timbul pertanyaan apakah masih aktif atau tidak?

1. Cara Cek Melalui Mobile JKN
Unduh aplikasi JKN Mobile, lalu buka aplikasi.
Login dengan menggunakan nomor kartu atau email yang didaftarkan, lalu masukan password.

Jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran dengan mengklik register.
Jika sudah masuk ke menu utama aplikasi, pilih menu peserta.
Maka sistem akan menampilkan tagihan iuran sekaligus status aktif atau tidak.

2. Cara Cek BPJS Kesehatan di Website
Lalu, Anda mengisi kolom yang tersedia seperti nomor kartu dan tanggal lahir. Maka sistem di website akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, termasuk status iuran. Namun demikian, pengecekan di laman BPJS Kesehatan ini seringkali tidak bisa diakses.

3. Cara Cek BPJS Kesehatan via Call center
Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak berikutnya adalah dengan menghubungi call center di nomor 1500 400. Setiap peserta bisa menanyakan secara langsung kepada petugas mengenai status kepesertaan dengan menyebutkan NIK atau nomor kartu.

Selain ketiga cara yang telah disebutkan di atas, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Selain di kantor cabang, biasanya petugas BPJS Kesehatan juga ditempatkan di rumah sakit yang jadi rujukan. Para petugas ini pada umumnya menggunakan rompi khusus.

Itulah beberapa cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak yang dapat kalian coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here