Friday, 29 March 2024
HomeBeritaAstaga! Perusahaan Alibaba Tercoreng, Karyawan Wanita Bongkar Alami Pelecehan

Astaga! Perusahaan Alibaba Tercoreng, Karyawan Wanita Bongkar Alami Pelecehan

Bogordaily.net – Ada kabar mengejutkan dari perusahaan Group Holding Ltd. Perusahaan milik Jeck Ma  ini mengumumkan telah secara resmi sejumlah karyawannya yang dilaporkan terlibat dalam kasus terhadap seorang karyawan wanita. Hal ini tentu mencoreng perusahaan rital terbesar di China itu.

Dilansir dari Reuters, kasus   yang diduga dilakukan oleh atasan dan klien dari si karyawan wanita ini dilaporkan melalui posting daring.

Pada postingan berisi cerita kasus yang menimpa seorang pegawai wanita ini dibuat dalam bentuk 11 halaman file PDF yang diunggah di Weibo (medsos terbesar di Tiongkok yang mirim Twitter)

Dalam PDF tersebut dijelaskan bahwa si pegawai wanita mengalami sewaktu mengikuti perjalanan bisnis.

Menurut pengakuan korban, dirinya dibujuk oleh atasannya untuk ikut dalam perjalanan bisnis ke Kota Jinan, Tiongkok. Diketahui bahwa Jinan berjarak sekitar 900 km dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou.

Di Jinan, pengawai wanita dan atasannya bertemu seorang klien. yang terjadi di malam hari tanggal 27 Juli 2021 tersebut bermula ketika tiba-tiba si klien mencium korban.

Kemudian pegawai wanita itu juga mengakui dirinya meminum minuman beralkohol lalu mabuk.

 

Keesokan harinya, pegawai wanita  itu mendapati dirinya bangun di sebuah kamar hotel dengan tidak menggunakan pakaian serta tidak bisa mengingat apa yang terjadi di malam sebelumnya.

Karena tidak bisa mengingat, wanita tersebut meminta rekaman CCTV dari pihak hotel.

Di dalam rekaman CCTV terlihat atasannya memasuki kamar hotel tempat si pegawai wanita tidak sadarkan diri sebanyak empat kali.

Yakin dirinya sudah dilecehkan oleh atasannyan sendiri, begitu pulang ke Hangzhou di tanggal 2 Agustus 2021, pegawai wanita itu langsung melapor ke bagian HRD serta manajemen Alibaba.

Laporan itu dibuat agar si atasannya segera dipecat dan menurut korban, pihak HRD serta manajemen Alibaba langsung setuju untuk memenuhi permintaannya.

Akan tetapi pemecatan itu sendiri kenyataannya tidak pernah dilakukan hingga akhirnya pegawai wanita  itu pun mengunggah ceritanya ke Weibo.

Kemudian cerita seksual ini pun menjadi viral di Weibo per Sabtu malam, 7 Agustus 2021.

Kepolisian Jinan pada Minggu pagi, 8 Agustus 2021, mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden ini secara lebih mendalam.

 

Di sisi lain, Alibaba juga merilis pernyataan resmi terkait kasus pelecehan seksual yang menimpa salah satu pegawai wanitanya.

Group tidak mentolerir bentuk pelecehan apapun serta berani menjamin bahwa area kerja yang aman bagi seluruh pegawai merupakan perhatian utama Alibaba,” jelas seorang juru bicara untuk Alibaba Group Holding Ltd pada Minggu, 8 Agustus 2021.

Jubir Alibaba juga menjelaskan bahwa perusahaan saat ini sudah sejumlah karyawannya yang diduga terlibat.

Dan Alibaba sengaja membentuk tim penyelidikan internal untuk membantu penyelidikan pihak kepolisian.

 

Alibaba mungkin baru merilis pernyataan resmi di hari Minggu, tetapi sebenarnya CEO Alibaba Daniel Zhang sudah menanggapi kasus pelecehan seksual yang menimpa salah satu pegawai wanitanya tepat di hari Sabtu, 7 Agustus 2021.

Hanya saja tanggapan sang CEO sekedar diunggah di forum diskusi internal pegawai Alibaba.

“Bukan cuma HRD yang harus meminta maaf. Seluruh manajer dari departemen bisnis yang terlibat pun harus bertanggung jawab serta meminta maaf karena telah mengabaikan dan gagal menanggapi masalah ini,” tulis Daniel Zhang.

Postingan CEO Alibaba ini kabarnya menyebabkan atasan yang diduga melakukan pelecehan seksual serta pegawai HRD dan pihak manajemen yang menerima laporan dari si pegawai wanita, langsung diberhentikan untuk sementara waktu.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here