Saturday, 24 February 2024
HomeBeritaBabakan Luncurkan Program Emak-Emak Peduli Sampah

Babakan Luncurkan Program Emak-Emak Peduli Sampah

Bogordaily.net – Sayangi lingkungan, , Kecamatan , Kota Bogor meluncurkan Emak-Emak Peduli Sampah.

ini diluncurkan di RT 01/RW 01 Babakan (Bagunde) menyusul ditunjuknya secara resmi wilayah RT 01 Babakan, sebagai RT bebas sampah oleh .

Ketua RW 01 Abu Bakar mengatakan, emak-emak peduli sampah melibatkan ibu-ibu dasawisma di wilayah RT 01/RW 01.

Emak peduli
Pengambilan Sampah Organik. (istimewa/Bogordaily.net)

“Ibu-ibu dasawisma yang berjumlah 7 Kelompok membuat jadwal pengambilan sampah kerumah-rumah warga secara rutin setiap hari. Selanjutnya sampah-sampah itu dipilah, yaitu sampah organik dan anorganik,” terangnya Sabtu 27 Agustus 2021.

Sampah organik, kata Abu Bakar, akan menjadi pakan maggot. Ternak maggot nantinya akan dijadikan pupuk di Kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga RW 01.

Untuk alat pendukungnya yaitu biopon sebagai sarana budidaya maggot beserta baby larva akan dibantu oleh DLH.

Budiadaya maggot kini sedang tren. Maggot adalah bayi larva lalat, black soldier fly yang mampu menguraikan sampah organik dengan sangat cepat dalam jumlah besar.

Pengembangan maggot bisa menjadi produk olahan pakan ayam, bebek, ikan, dan burung. Sehingga budidaya Maggot tak hanya berpotensi bisnis, namun juga berpotensi untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, dalam upaya membantu mengatasi masalah lingkungan.

Emak peduli
Keliling Kampung untuk Mengambil Sampah. (istimewa/Bogordaily.net)

Untuk sampah anorganik, lanjut Abu, akan dibeli oleh Bank Sampah Kenanga.

“Jadi akan menambah menambah penghasilan atau ekonomi masyarakat sekitar, “ujar Abu yang juga menjabat selaku Direktur Bank Sampah Kenanga Kelurahan Babakan.

Abu menambahkan, berdasarkan informasi dari DLH, RT bebas sampah akan di Launching oleh Wali Kota Bogor Bima Arya pada puncak pengumuman

“BogorKu Bersih November mendatang. Semoga menjadi menginpirasi dan menjadi contoh RT-RT lainnya khususnya di Kelurahan Babakan , umumnya di Kota Bogor,” harapnya.

Emak peduli lingkungan
Penimbangan Sampah yang Sudah Dikumpulkan Warga. (istimewa/Bogordaily.net)

Sebelumnya Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas pada DLH Kota Bogor Setiawati mengatakan, pada tahun 2021 ini DLH sudah memprogramkan wilayah bebas sampah di tingkat RT di Kota Bogor.

“Kami sudah melihat wilayah RT 01 RW 01 punya potensi menjadi RT bebas sampah. Lokasinya sangat bagus, tinggal mendorong atau menggerakan warganya untuk peduli terhadap kebersihan. Pengelolaan sampah dilingkungan RT tersebut akan melibatkan Ibu-Ibu rumah tangga atau emak-emak, “ ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here