Babakan Luncurkan Program Emak-Emak Peduli Sampah

Menu

Mode Gelap
Tim Pancasila Tangguh Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka Rayakan HUT RI, Pemkot Bogor Upacara Bendera di Lapangan Sempur Mulai Hari Ini, Biaya Transfer Beda Bank Cuma Rp 77 Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak

Headline · 29 Agu 2021 11:59 WIB

Babakan Luncurkan Program Emak-Emak Peduli Sampah


 Ibu-ibu Dasawisma Siap Pungut Sampah dari Rumah Penduduk. (istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ibu-ibu Dasawisma Siap Pungut Sampah dari Rumah Penduduk. (istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sayangi lingkungan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor meluncurkan program Emak-Emak Peduli Sampah.

Program ini diluncurkan di RT 01/RW 01 Babakan Gunung Gede (Bagunde) menyusul ditunjuknya secara resmi wilayah RT 01 Babakan, sebagai RT bebas sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor.

Ketua RW 01 Kelurahan Babakan Abu Bakar mengatakan, program emak-emak peduli sampah melibatkan ibu-ibu dasawisma di wilayah RT 01/RW 01.

Emak peduli

Pengambilan Sampah Organik. (istimewa/Bogordaily.net)

“Ibu-ibu dasawisma yang berjumlah 7 Kelompok membuat jadwal pengambilan sampah kerumah-rumah warga secara rutin setiap hari. Selanjutnya sampah-sampah itu dipilah, yaitu sampah organik dan anorganik,” terangnya Sabtu 27 Agustus 2021.

Sampah organik, kata Abu Bakar, akan menjadi pakan maggot. Ternak maggot nantinya akan dijadikan pupuk di Kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga RW 01.

Untuk alat pendukungnya yaitu biopon sebagai sarana budidaya maggot beserta baby larva akan dibantu oleh DLH.

Budiadaya maggot kini sedang tren. Maggot adalah bayi larva lalat, black soldier fly yang mampu menguraikan sampah organik dengan sangat cepat dalam jumlah besar.

Pengembangan maggot bisa menjadi produk olahan pakan ayam, bebek, ikan, dan burung. Sehingga budidaya Maggot tak hanya berpotensi bisnis, namun juga berpotensi untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, dalam upaya membantu mengatasi masalah lingkungan.

Emak peduli

Keliling Kampung untuk Mengambil Sampah. (istimewa/Bogordaily.net)

Untuk sampah anorganik, lanjut Abu, akan dibeli oleh Bank Sampah Kenanga.

“Jadi akan menambah menambah penghasilan atau ekonomi masyarakat sekitar, “ujar Abu yang juga menjabat selaku Direktur Bank Sampah Kenanga Kelurahan Babakan.

Abu menambahkan, berdasarkan informasi dari DLH, RT bebas sampah akan di Launching oleh Wali Kota Bogor Bima Arya pada puncak pengumuman

“BogorKu Bersih November mendatang. Semoga program menjadi menginpirasi dan menjadi contoh RT-RT lainnya khususnya di Kelurahan Babakan Bogor Tengah, umumnya di Kota Bogor,” harapnya.

Emak peduli lingkungan

Penimbangan Sampah yang Sudah Dikumpulkan Warga. (istimewa/Bogordaily.net)

Sebelumnya Kepala Seksi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas pada DLH Kota Bogor Setiawati mengatakan, pada tahun 2021 ini DLH sudah memprogramkan wilayah bebas sampah di tingkat RT di Kota Bogor.

“Kami sudah melihat wilayah RT 01 RW 01 punya potensi menjadi RT bebas sampah. Lokasinya sangat bagus, tinggal mendorong atau menggerakan warganya untuk peduli terhadap kebersihan. Pengelolaan sampah dilingkungan RT tersebut akan melibatkan Ibu-Ibu rumah tangga atau emak-emak, “ ungkapnya.***

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Syarat dan Cara Dapatkan Uang Rupiah Terbaru 2022

18 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Bantu Warga, DPC Repdem Kota Bogor Serahkan Mobil Ambulance ke Katar Kujang

18 Agustus 2022 - 16:39 WIB

Kodim 0606/KB Melalui Babinsa Lakukan Pendampingan Penyaluran Bantuan di 8 Titik

18 Agustus 2022 - 14:57 WIB

Babinsa penyaluran Bantuan

Pelda Dedy Saprudin Laksanakan Penimbangan Balita dan Imunisasi Anak Nasional

18 Agustus 2022 - 14:45 WIB

Penimbangan dan Imunisasi

UIKA Bogor Beri Penghargaan kepada Mahasiswa, Dosen dan Tendik Teladan

18 Agustus 2022 - 14:12 WIB

Dosen UIKA

Jajaran Bank Kota Bogor Berikan Ucapan HUT ke-77 Republik Indonesia

18 Agustus 2022 - 14:05 WIB

HUT RI
Trending di Kota Bogor