BPOM: Vaksin Merah Putih Bersiap Diuji Coba ke Manusia

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Headline · 20 Agu 2021 18:11 WIB

BPOM: Vaksin Merah Putih Bersiap Diuji Coba ke Manusia


 BPOM: Vaksin Merah Putih Bersiap Diuji Coba ke Manusia Perbesar

BOGORDAILY- Apa kabar perkembangan vaksin Merah Putih terkait upaya pengendalian Pandemi Covid-19? Rupanya engembangan vaksin yang dilakukan Universitas Airlangga tersebut memasuki babak baru. Saat ini, uji praklinik tahap kedua dengan hewan uji primata sedang berlangsung. Dalam waktu dekat, vaksin yang berasal dari strain virus asal Indonesia ini akan disuntikkan ke manusia.

Ketua Peneliti Vaksin Merah Putih dari Unair Fedik Abdul Rantam menerangkan uji praklinik tahap pertama vaksin merah putih yang dikembangkan pihaknya menunjukkan hasil yang signifikan. Adapun dalam tahap ini, vaksin dengan metode inactivated tersebut disuntikkan kepada hewan transgenik berupa tikus. Yang pertama hasilnya baik dari sisi imunogenisitas, kemudian safety juga baik, termasuk toxicity di dalamnya.

“Kemudian pendekatan respons imun tidak hanya humoral tapi juga seluler, dan menghasilkan sesuatu hasil yang menjanjikan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, seperti dilansir bisnisindonesia, Jumat (20/8/2021).

Atas dasar inilah, pihaknya pun tengah melakukan uji praklinik tahap kedua dengan hewan uji primata berjenis makaka.

“Sekarang sedang berjalan, belum selesai. Sementara respons beberapa imun yang kita dapatkan, mulai dari fisik dan fisiologi makaka tersebut, dan adanya respons imun seluler dan antibodi, ini menunjukkan tren yang lebih baik,” jelas Fedik.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menuturkan bahwa Unair menjadi salah satu pengembang vaksin Merah Putih yang progresnya cukup cepat. Dengan hasil yang cukup baik, menurutnya vaksin ini akan berlanjut ke uji coba berikutnya.

“Selanjutnya proses uji klinik pada manusia akan dimulai dalam waktu dekat,” sebutnya.

Saat ini BPOM disebut tengah melakukan pendampingan dalam proses pengembangan vaksin ini. Untuk itu, BPOM menyerahkan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) kepada PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Untuk diketahui, perusahaan farmasi ini yang nantinya akan menjadi fasilitator produksi vaksin Merah Putih buatan Unair.

Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia Sudirman menambahkan bahwa pihaknya siap memproduksi vaksin Merah Putih pada paruh pertama 2022. Namun dia tidak merinci berapa jumlah vaksin yang akan diproduksi.

“Kami akan memproduksi vaksin Merah Putih dalam skala besar pada semester 1 tahun 2022 dengan pendampingan pengawasan dan dukungan BPOM,” tuturnya.

 
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Hari Kedua Tengok Korban Gempa Cianjur, KCI Kembali Distribusikan Bantuan

1 Desember 2022 - 21:59 WIB

Korban cianjur

Jadwal Lengkap UTBK SNBT & SNPMB 2023, Cek di Sini!

1 Desember 2022 - 19:53 WIB

Jadwal SNBP 2023 & Penjelasannya! Cek Di Sini!

1 Desember 2022 - 19:32 WIB

Gempa Susulan di Cugenang Sore Ini, Kekuatan Mencapai 2,9 M

1 Desember 2022 - 16:12 WIB

gempa susulan

Angin Puting Beliung Ngamuk di Pati Mengerikan!

1 Desember 2022 - 14:22 WIB

Puting Beliung Ngamuk di Pati

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Hari Ini, Cek di Sini!

1 Desember 2022 - 14:01 WIB

Trending di Nasional