Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaCigudeg Kembali Diterjang Bencana, Puluhan Rumah di Desa Rengas Jajar Kebanjiran

Cigudeg Kembali Diterjang Bencana, Puluhan Rumah di Desa Rengas Jajar Kebanjiran

Bogordaily.net –Belum genap satu tahun 3 Desa di Wilayah Kecamatan , Kabupaten Bogor pada Senin malam 9 Agustus 2021 kembali ditimpa .

Akibat intensitas hujan deras sejak Senin sore sampai malam hari terjadi Banjir sehingga merendam di Kampung Kedaung, Desa Rangas Jajar, Kecamatan Kabupaten Bogor.

Menurut salah seorang warga yang terdampak banjir, Erna (38) mengatakan saat itu hujan deras terjadi sejak sore hari, seusai magrib air meluap dan sempat surut, namun hujan yang kembali terjadi membuat banjir kembali merendam pemukiman warga setinggi dada orang dewas.

“Saat itu banjirnya sempat surut, namun karena hujan lagi air dari sungai Cidangder kembali melupa hingga merendam rumah saya se-dada orang dewasa dan rumah warga lainya yang ada dibantaran sungai juga ikut terendam,”katanya.

Camat Pardi mengatakan, akbiat hujan lebat meliputi seluruh desa di Kecamatan sehingga menyebabkan sungai Cidangdeur meluap dengan ketinggian satu meter ke pemukiman warga.

“Perlu di ketahui bahwa tadi malam setelah magrib telah terjadi hujan yang cukup deras, memang merata di seluruh Kecamatan tentunya ini mengingatkan luapan air yang luar biasa, kebetulan memang ada beberapa spot kerusakan seperti tanggul sehingga mengakibatkan air melumpuhkan ke pemukiman,” ungkapnya.

Menurut Pardi, Akibat curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan pendangkalan sehingga debit air sungai meluap dan tidak terampung.

“Kemarin dari teman-teman UPT pengairan sudah melakukan kegiatan pengerukan dan cukup lama ya, ya karna memang hulunya cukup panjang di Kampung Rahong ini sehingga material-material yang di bawa tidak sedikit dan terjadi pendangkalan lagi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, akibat dari banjir bandang ini dua desa yang terdampak yaitu Desa Rengas Jajar dan Tegal Legal. Sementara Desa Batu Jajar sedikit terdampak karena memang sungai Cidangdeur melewati tiga desa, tapi memang yang paling parah ini Kampung kadaung ini.

“Di Kampung Kadaung ini ada sedikit 50 rumah yang terdampak akibat banjir bandang ini, sehingga tadi malam kita mengevakuasi 30 rumah yang harus mengungsi dan Alhamdulillah pagi tadi sudah pulang ke rumahnya masing-masing,” terang mantan Sekcam Cibinong itu

“Hari ini dari pukesmas langsung memeriksa kesehatan para warga secara gratis untuk menampung keluhaan masyarakat. Sementara dari Dinas Sosial dalam waktu dekat akan memberikan bantuan sembako,” ujarnya.

Dalam kajadian ini, pihaknya meminta agar seluruh masyarakat di tiga desa tersebut agar berhati-hati dan selalu waspada. Pihaknya akan berupaya agar segera membangun Tebing Penahan Tanah (TPT).

“Himbauan kepada masyarakat agar sarana-sarana yang ada untuk ditata agar meminimalisir terjadinya banjir susulan. Tentunya nanti kita bersama-sama pemerintah di tahun 2022 untuk membangun TPT dengan memilih arus sehingga kondisi bendungan yang sekarang ini bisa teratasi,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here