Monday, 29 April 2024
HomeBeritaDemo HMI Digagalkan Aparat Kepolisian, 3 Orang Diamankan

Demo HMI Digagalkan Aparat Kepolisian, 3 Orang Diamankan

Bogordaily.net – Rencana Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) untuk ke Istana Presiden digagalkan aparat kepolisian.

Massa HMI yang hendak demo, dicegat di kantor Sekretariat , Jl Sultan Agung, .

Polisi mencegat massa HMI karena tidak mengantongi izin pemberitahuan aksi.

“Iya mereka keluar sebentar mau demo ke istana, kita cegat di luar. Kita kan sedang pengamanan di situ,” ujar Kabagops AKBP Ruslan Idris saat dihubungi wartawan, Jumat 6 Agustus 2021.

Ruslan mengatakan saat itu ada sekitar 50 orang rombongan massa HMI yang hendak demo. Mereka naik sebuah bus.

“Kemudian kita cegat, karena tidak ada izin pemberitahuan aksi,” imbuh Ruslan.

Sementara itu, Ruslan mengatakan pihaknya mengamankan 3 orang dari massa HMI. Mereka dibawa ke Mapolres Metro untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Ada 3 orang (diamankan) untuk bahan pengambilan keterangan,” katanya.

Sebelumnya, pimpinan Abdul Muis Amiruddin menyatakan akan menggelar demo di depan Istana Negara, Jakarta siang ini. Namun, hingga sore tadi, tidak ada massa demo yang datang ke depan istana.

Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda pimpinan Abdul Muis Amiruddin, Rich Hilman Bimantika, menyebutkan rencana demo di Istana Negara akan dimulai dengan konvoi dari Sekretariat , Jl Sultan Agung, .

“Unjuk rasa kita start dari jam 13.30 WIB menuju Istana Merdeka dengan konvoi. Total peserta aksi belum bisa kami pastikan, baru akan dikalkulasi di lapangan,” kata Hilman, Kamis 5 Agustus 2021 kemarin.

Untuk demonstrasi HMI di luar Jakarta, dia menyatakan aksi bakal digelar di daerah masing-masing, tidak perlu datang ke Jakarta.

Rencana demonstrasi di masa PPKM Level 4 ini disorot publik lewat viralnya surat Instruksi PB HMI Nomor 144/A/Sek/12/1442. Instruksi itu dibantah oleh HMI kubu Ketua Umum Raihan Ariatama.

Dalam surat instruksi tersebut, HMI kubu Muis menyatakan bahwa jelang dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin yang disambut krisis akibat COVID-19, pemerintahan Jokowi telah gagal dalam pemenuhan hak-hak warga Indonesia.

Mereka menyerukan aksi #AgustusMerdeka, isinya adalah kajian persoalan bangsa akibat kegagalan Jokowi-Ma'ruf, serta melakukan unjuk rasa serentak tanggal 6, 13, dan puncaknya pada 16 Agustus 2021. Belakangan, ada pula tagar #JokowiGameOver selain #AgustusMerdeka.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here