Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaDirektur CIA Diam-diam Temui Pemimpin Taliban, Bahas Apa?

Direktur CIA Diam-diam Temui Pemimpin Taliban, Bahas Apa?

Bogordaily.net – Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS) William Burns diam-diam bertemu di Kabul, , pada Senin (23/8/2021), demikian laporan mengejutkan surat kabar The Washington Post yang dirilis, Selasa 24 Agustus 2021.

Presiden AS Joe Biden, tak tanggung-tanggung mengirim langsung bos intelijen dalam pertemuan diplomatik melibatkan pejabat tertinggi Negeri Paman Sam sejak Taliban merebut pemerintahan .

Laporan Washington Post, mengutip sumber pejabat AS yang meminta namanya tidak disebutkan, mengungkap, Burns bertemu Abdul Ghani Baradar di Ibu Kota Kabul. Sejauh ini belum ada komentar atau pernyataan dari CIA dan Gedung Putih soal laporan Washington Post maupun pertemuan tersebut.

Pertemuan ini digelar saat AS berpacu dengan waktu untuk mengevakuasi semua warganya dari . AS menargetkan penarikan semua pasukan dari pada 31 Agustus 2021 dan pada saat itu diharapkan semua warga sipil juga sudah pergi.

Taliban menolak memberikan perpanjangan waktu bagi pasukan AS dan Inggris di Kabul.

Sementara itu pendiri dan pemimpin politik Taliban Abdul Ghani Baradar baru pulang ke pada 17 Agustus setelah menghabiskan waktu di luar negeri. Dia pulang dari Qatar menyusul kemenangan kelompok yang dipimpinnya setelah 20 tahun berperang.

Setibanya di Kandahar, dia menegaskan tidak akan balas dendam dengan para lawan politik maupun pasukan asing serta menghormati hak-hak perempuan. Baradar sempat ditahan di penjara Pakistan pada 2010 hingga 2018 lalu dibebaskan atas permintaan AS.

Dia kemudian memimpin delegasi Taliban dalam pembicaraan dengan AS di Doha, Qatar, membuahkan kesepakatan damai dengan AS pada Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here