Wednesday, 24 April 2024
HomeEkonomiHarga Logam Mulia PT. Antam Tbk Terus Merangkak Naik

Harga Logam Mulia PT. Antam Tbk Terus Merangkak Naik

Bogordaily.net – Meski harga emas dunia tertekan, tidak demikian dengan harga milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Harga Anta justru dalam tren naik. Pada Sabtu 21 Agustus 2021, harga Antam berada di Rp 948.000/gram. Naik Rp 2.000 (0,21%) dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, harga Antam naik Rp 6.000 (0,64%). Dalam periode yang sama, harga emas dunia di pasar spot cuma naik tipis hampir flat di 0,09%.

Pergerakan harga emas pekan ini ditentukan oleh rilis notula rapat (minutes of meeting) bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve/The Fed. Dalam notula tersebut, para anggota Komite Pengambil Keputusan (Federal Open Market Committee/FOMC) menilai pengurangan pembelian surat berharga (quantitative easing) bisa saja dilakukan tahun ini.

“Ke depan, sebagian besar peserta rapat mencatat bahwa selama pemulihan ekonomi secara luas sesuai dengan ekspektasi mereka. Maka akan tepat untuk melakukan pengurangan nilai pembelian aset di tahun ini,” tulis risalah tersebut.

Meski demikian, risalah itu juga menunjukkan ‘beberapa' anggota FOMC memilih untuk melakukan tapering di awal tahun depan. Sebab, The Fed juga menyebut ketidakpastian cukup tinggi akibat lonjakan kasus positif virus corona, terutama dengan penyebaran varian delta.

Jika kasus kasus positif corona terus melonjak di Negeri Paman Sam, maka The Fed kemungkinan belum akan melakukan pengurangan quantitative easing. Alhasil emas dunia masih santai merespon rilis risalah The Fed. Emas Antam pun mampu mencatat kenaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here