Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorHasil Survei IPB: Mahasiswa Bogor Alami Gangguan Mental Selama Pandemi

Hasil Survei IPB: Mahasiswa Bogor Alami Gangguan Mental Selama Pandemi

BOGORDAILY- Ibu rumah tangga (IRT), tokoh agama dan mahasiswa menjadi tiga kelompok yang mendominasi penyakit hipertensi dan gangguan kesehatan mental. Demikian hasil survei persepsi masyarakat Kota berkaitan pandemi Covid-19 yang dilakukan Institut Pertanian (IPB) University bekerjasama dengan Pemkot .

Survei dilakukan terhadap 20.819 responden yang tersebar di 68 kelurahan di Kota . Sasaran survei berusia 18-55 tahun dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Proses survei via online ini dilakukan pada periode 3-14 Agustus 2021.

Salah satu pertanyaan yang diajukan yakni terkait penyakit baru yang dialami selama pandemi COVID-19. Hasilnya, ada dua penyakit yang dialami responden selama pandemi, yakni hipertensi dan gangguan kesehatan mental.

Kepala LPPM IPB Univesity Ernan Rustiadi mengatakan mahasiswa menjadi kelompok responden yang mendominasi gangguan kesehatan mental. Kelompok selanjutnya yakni organisasi non profit, korban PHK, dan PNS.

Sementara tokoh ulama, menjadi kelompok yang mendominasi alami hipertensi selama pandemi, diikuti kelompok IRT, pensiunan dan pedagang dengan modal mandiri.

Hasil survei ini dipaparkan para peneliti IPB University di Balai Kota , Minggu (15/8). Paparan didengarkan langsung oleh Wali Kota Bima Arya yang juga ketua Satgas Kota , Kapolres Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0601 Kolonel Inf Robby Bulan, Ketua DPRD Atang Trisnanto, Dandenpom III/1 Letkol CPM Sutrisno dan Kepala Bappeda Rudy Mashudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here