Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaIkatan Bidan Indonesia: 51 Persen Ibu Hamil di Indonesia Positif Covid-19 Tanpa...

Ikatan Bidan Indonesia: 51 Persen Ibu Hamil di Indonesia Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Bogordaily.net – Ketua Umum PP (IBI) Emi Nurjasmi mengatakan, bahwa 51 persen mengalami positif Covid-19 tanpa gejala.

Hal itu disampaikan Emi dalam diskusi Suara Nakes untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh MNC Trijaya secara daring, Sabtu 21 Agustus 2021.

“51 persen dari ibu-ibu hamil yang terkena Covid-19 itu dia tanpa gejala,” ujar Emi.

Emi selalu mengimbau kepada para yang bertugas agar menerapkan pelayanan standar perlindungan seperti menggunakan alat pelindung diri dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus Corona.

“Berarti kita berhadapan dengan orang-orang yang kita tidak antisipasi, tidak tahu kalau dia terpapar Covid-19. Itu memang saya selalu mengimbau kepada teman-teman saya untuk selalu menerapkan standar-standar pelayanan, standar-standar proteksi APD, dan juga menerapkan protokol kesehatan,” kata Emi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Emi menyebut sejak awal pandemi hingga pertengahan Agustus 2021, tercatat 377 bidan yang meninggal akibat covid-19.

“Sampai saat ini per pertengahan Agustus, 377 yang meninggal terkonfirmasi Covid-19,” katanya.

Emi belum bisa memastikan apakah tersebut meninggal karena terpapar Covid-19 saat sedang bertugas atau tertular dari tempat lain.

“Nah, itu yang kita belum analisis. Tapi paling tidak mereka terpapar Covid-19 iya,” kata Emi.

Dari jumlah yang meninggal tersebut, kata Emi, sebanyak 50 persen bekerja di Puskesmas. Kemudian 20 persen bekerja di rumah sakit, 20 persen lainnya bekerja di klinik mandiri dan sisanya bekerja di dinas kesehatan dan sebagai dosen.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here