KAI Tunggu Detail Aturan Penerapan Aplikasi PeduliLindung

Menu

Mode Gelap
Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya! Harga Emas Antam Masih Rp 989.0000 Hari Ini Mediasi Pertama, Angga Wijaya Tetap Ingin Bercerai dengan Dewi Perssik Tepok Bulu Vindes 2022: Hesti-Erika Menang Lawan Raisa-Anya Geraldine Pemerintah Perpanjang PPKM di Luar Jawa-Bali Sampai 1 Agustus

Nasional · 26 Agu 2021 15:41 WIB

KAI Tunggu Detail Aturan Penerapan Aplikasi PeduliLindung


 PT KAI Commuter Line lakukan tes antigen acak mulai Senin, 21 Juli 2021 bagi penumpang KRL di enam titik stasiun. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

PT KAI Commuter Line lakukan tes antigen acak mulai Senin, 21 Juli 2021 bagi penumpang KRL di enam titik stasiun. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Aplikasi PeduliLindung sebagai syarat perjalanan akan berlaku untuk semua moda trasportasi, termasuk kereta api. KAI pun telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding sejak 23 Juli lalu, namun masih menunggu detail aturan dari pemerintah terkait penerapannya.

Adapun integrasi aplikasi PeduliLindung dengan sistem boarding tersebut untuk membantu proses validasi dokumen kesehatan calon pelanggan KAI.

Aplikasi PeduliLindung sebagai syarat perjalanan akan berlaku untuk semua moda trasportasi, termasuk kereta api.

KAI pun telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding sejak 23 Juli lalu, namun masih menunggu detail aturan dari pemerintah terkait penerapannya.

Adapun integrasi aplikasi PeduliLindung dengan sistem boarding tersebut untuk membantu proses validasi dokumen kesehatan calon pelanggan KAI.

Agar data vaksin dan hasil tes Covid-19 milik calon pelanggan terbaca pada sistem boarding KAI, calon pelanggan harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sama pada saat pemesanan tiket dan saat melakukan vaksinasi atau tes Covid-19.

Selain itu, klinik atau laboratorium tempat pelanggan melakukan tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen juga harus terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

Jika sudah sesuai dan data sudah diunggah oleh penyelenggara ke sistem, maka data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan akan muncul pada layar komputer petugas pada saat proses boarding.

“Saat boarding, pelanggan tetap harus menunjukkan boarding pass, kartu identitas, dan surat keterangan lainnya sesuai persyaratan.

Pelanggan juga diharapkan tetap membawa kartu vaksinnya dan surat negatif tes Covid-19 yang berlaku jika diperlukan untuk berbagai kepentingan lainnya,” ujar dia.

Hadirnya integrasi Aplikasi Peduli Lindungi dengan Sistem Boarding KAI merupakan salah satu upaya KAI dan Kementerian Kesehatan untuk menjamin keamanan perjalanan pelanggan pada pada masa pandemi Covid-19.

“KAI terus melakukan transformasi digital di berbagai layanan untuk menghadirkan sebuah ekosistem transportasi kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ucap Joni.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana pemerintah untuk menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan naik Kereta Api pada 28 Agustus mendatang. M

eski demikian, kata dia, KAI masih menunggu detail aturan dari Kementerian Perhubungan untuk penerapannya.

“KAI siap mengikuti aturan serta kebijakan pemerintah dan siap mendukung semua kegiatan guna pencegahan penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” tuturnya.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kabar Terbaru dari Evos Legend Soal Trial Dlarskie

5 Juli 2022 - 20:39 WIB

Hukum Memberi Daging Kurban Kepada Non Muslim

5 Juli 2022 - 20:17 WIB

Cara Dapat Promo CFC di Shopee yang Murah Banget. Begini Caranya!

5 Juli 2022 - 20:04 WIB

Amalan Sunnah Saat Idul Adha Selain Puasa, Sederhana Tapi Kaya Pahala

5 Juli 2022 - 19:54 WIB

Fakta Terowongan Kendal, Tempat Baru Tongkrongan Anak Citayam

5 Juli 2022 - 19:40 WIB

fakta terowongan kendal

Mengintip Gaji ke-13 Pimpinan MPR, Menakjubkan

5 Juli 2022 - 19:22 WIB

gaji ke-13
Trending di Nasional