Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKenali Manfaat Berlari di Pagi Hari untuk Kesehatan

Kenali Manfaat Berlari di Pagi Hari untuk Kesehatan

Bogordaily.net – Berlari menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak dilakukan. Selain mudah dilakukan dan murah meriah, rutin berolahraga lari nyatanya bisa memberi banyak untuk secara keseluruhan.

Olahraga ini juga bersifat fleksibel, yaitu bisa dilakukan kapan saja, misalnya pada pagi hari, sore, atau malam setelah beraktivitas.

Berlari setidaknya 5 sampai 10 menit dalam intensitas sedang disebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung, masalah kardiovaskular, mencegah kanker, hingga menurunkan risiko Alzheimer.

Meski bisa memberi banyak untuk , sebaiknya hindari sembarangan dan memaksakan diri dalam berlari, sebab hal ini bisa meningkatkan risiko cedera.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah lari. Memilih jenis sepatu dan pakaian yang sesuai juga bisa menurunkan risiko cedera.

Memaksakan diri untuk berlari juga tidak terlalu disarankan. Untuk menghindari rasa jenuh, cobalah untuk mengombinasikan jenis olahraga yang dijalani.

Menurut halodoc, ada banyak yang bisa didapat dari olahraga lari, termasuk yang dilakukan pada pagi hari. bisa memberi sehat, yakni:

1. Membangun Kebiasaan Baik

Tidak sedikit orang yang sulit bangun pagi atau memutuskan untuk tidur lagi saat alarm berbunyi. Daripada begitu, cobalah untuk segera meninggalkan tempat tidur dan bersiap untuk melakukan olahraga lari.

Melakukan aktivitas fisik pada pagi hari disebut bisa meningkatkan mood sepanjang hari dan membuat sistem imun menjadi lebih baik.

2. Memperbaiki Pola Tidur

Olahraga pagi juga disebut bisa membantu memperbaiki pola tidur, termasuk pada orang yang mengidap insomnia.

Melakukan aktivitas fisik, termasuk disebut bisa memberi waktu lebih lama untuk tubuh beristirahat pada malam hari. Selain itu, olahraga pagi juga akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya pada pagi hari, berolahraga kapan saja nyatanya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya menjadi lebih seimbang. Maka dari itu, rutin berolahraga sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Berolahraga pada pagi hari disebut lebih mungkin membuat tubuh menjadi lebih segar, serta menurunkan risiko stres yang bisa berdampak pada kardiovaskular.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here