Friday, 29 March 2024
HomeNasionalLedakan Kasus Covid di AS, Peringatan Keras Buat Indonesia

Ledakan Kasus Covid di AS, Peringatan Keras Buat Indonesia

Bogordaily.net – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan, ledakan gila-gilaan kasus harian Covid-19 di , sepekan terakhir, merupakan peringatan keras bagi bangsa agar tetap waspada, tidak berpuas diri dan tetap mentaati protokol kesehatan.

“Kita tidak mau ledakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di terjadi di . Karena itu, meski trend angka harian Covid-19 saat ini menurun, kita tidak boleh berpuas diri, tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan karena menganggap Corona akan hilang,” kata Rahmad dikutip daribParlementaria, Selasa 31 Agustus 2021.

Legislator PDI Perjuangan ini mengatakan, bila dilihat kebelakang, kasus Covid-19 di negara Paman Sam tersebut sempat melandai.

Pada pertengahan Juni lalu, hanya 11 ribu kasus perhari. Sementara vaksinasinya juga sudah mencapai 51 persen jumlah penduduk. Tapi pada minggu terakhir Augustus, kasus harian naik lebih 1000 persen.

“Kasus harian Covid di Amerika sempat landai, 11 ribu kasus perhari. Tapi, seperti kita ketahui, minggu terakhir ini, kasus melonjak hingga lebih 1000 persen. Artinya, dalam seminggu ini kasus yang sebelumnya 11 ribu naik jadi 160 ribu hingga 200 ribu perhari,” ungkap Rahmad.

Masih menurut Rahmad, lonjakan kasus yang gila-gilaan di Amerika tersebut dipicu sikap warga Amerika yang abai terhadap protokol kesehatan, menyusul menurunnya angka kasus harian di negara Paman Sam tersebut. Bahkan, ada anggapan bahwa Covid sudah mau menghilang

“Pertama warga Amerika banyak yang abai akan prokes karena mengira Covid sudah mau hilang. Pemerintah negara tersebut juga membuat pelonggaran-pelonggaran. Misalnya, libur musim panas diijinkan, mobilitas masyarakat pun meningkat. Akibat pelonggaran itu, ya saat ini publik Amerika dihadapkan kecemasan yg luar biasa,” tuturnya.

Menurut Rahmad, jika melihat naik turun kasus Covid-19 di , kondisinya hampir mirip dengan yang terjadi di .

Dikatakan, kasus harian Covid di pada Juni lalu, juga sempat meningkat tajam. Rumah sakit penuh, sehingga banyak pasien yang harus dirawat di tenda-tenda. Oksigen dan obat-obatan pun jadi langka.

“Kasus harian Covid yang tadinya sempat memuncak di , sekarang trend-nya mulai menurun. Nah, disaat turun, kita tidak boleh abai. Meski adanya peningkatan aktivitas dan mobilitas belakangan ini, prokes harus tetap dijalankan secara ketat. Kalau tidak, kejadian di Amerika bisa terjadi di Indonesia,” urai Rahmad.

Rahmad menghimbau kepada segenap anak bangsa, seperti pemerintah pusat dan pemerintah daerah, para tokoh masyarakat hingga petugas satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW untuk tetap saling mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada.

“Kita tidak boleh melonggarkan disiplin dan protokol kesehatan harus tetap kencang diikat di pinggang hingga Covid itu benar2 lemah,” katanya

Rahmad juga mengingatkan pemerintah pusat agar mempersiapkan infrastruktur kesehatan dengan baik agar pengalaman pahit sebelumnya, sulitnya memperoleh obat-obatan, langkanya stok oksigen, tidak terulang lagi.

“Kita sempat mengalami krisis fasilitas kesehatan, hal tersebut tidak boleh terjadi lagi,” tandas Rahmad

Dikabarkan, pandemi Covid-19 semakin dalam posisi yang mengkhawatirkan di ().

Para analis kesehatan di negara tersebut menganggap kenaikan tinggi ini terjadi akibat dari pelonggaran-pelonggaran yang berlaku pada liburan musim panas.

Di mana publik seakan sudah menganggap corona telah hilang dan mengabaikan protokol kesehatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here