Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorLewat Program Samisade Pertanian dan Wisata Desa Cibuntu Menggeliat

Lewat Program Samisade Pertanian dan Wisata Desa Cibuntu Menggeliat

Bogordaily.net terus bergulir di , dengan harapan infrastruktur di desa semakin maju. Setiap desa memiliki cara sendiri untuk meningkatkan infrastruktur di wilayahnya masing-masing, demi kemaslahatan masyarakat desa.

Seperti di Desa Cibuntu , Pemerintah Desa Cibuntu merealisasikan dari Pemkab Bogor, dengan membangun jalan beton sepanjang 1820 meter, lebar 2.5 meter yang menjadi akses menuju Desa Ciaruten Udik. Keberadaan jalan tersebut akan menunjang mobilitas warga.

“Pembangunan jalan betonisasi mulai di Kampung Ciboyong RT 01,RW 03,” kata Kepala Desa Cibuntu Ahmad Yani, Jumat 6 Agustus 2021.

Ahmad Yani mengatakan betonisasi jalan yang didanai Samisade, akan memudahkan mobilitas para petani saat mengangkut hasil bumi. Sedangkan bagi warga Cibuntu, jalan beton yang tengah dibangun melintasi Tempat Pemakaman Umum (TPU), khusus bagi warga Cibuntu.

Diharapkan selain dapat menopang distribusi para Pertanian, jalan beton juga akan menghidupkan kasawan wisata religi situs Batu Goong.

“Pembangunan bersumber dari anggaran Samisade 1 Milyar. Tahap pertama 40 persen, sebesar Rp 400 juta,” katanya.

Yani menjelaskan, awalnya jalan tersebut hanya setapak. Para petani harus memanggul hasil bumi menuju sejauh 500 meter, sebelum mencapai pasar.

“Alhamdulillah sekarang setelah jalan diratakan lalu dibeton, distribusi barang jadi lebih mudah,” katanya.

dalam waktu dekat ini akan dilakukan betonisasi kita memakai Beton K 250 Panjang 1820 meter, lebar 2.5 meter 0,15 cm serta melibatkan masyarakat kurang lebih 50 orang pekerjaan padat karya. ” Ujarnya.

Lebih lanjut Kades Cibuntu berharap agar masyarakat bisa ikut memelihara jalan tersebut karena akses jalan ini sebagai bentuk kepedulian pemdes Cibuntu terhadap masyarakat.

“Saya ucapkan juga kepada Bupati Bogor ibu Ade Yasin yang telah memberikan ini sehingga disaat pandemi covid 19 pembangunan infrastruktur masih bisa dilaksanakan,”pungkasnya.

 

Foto: Suasan Lokasi Jalan di Buka dan Akan dibeton lewat Pemkab Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here