Monday, 6 May 2024
HomeNasionalMasyarakat Perbatasan Belum Merdeka dari Hoax Vaksinasi

Masyarakat Perbatasan Belum Merdeka dari Hoax Vaksinasi

Bogordaily.net – Plt. Camat Lumbis Pansiangan menerima vaksin dosis ke dua vaksin sinovac. kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini, dirinya menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak menjadi bagian menyebarkan tentang vaksin.

“Simpan untuk dirimu sendiri jika anda tidak mau divaksin,” katanya.

Lumbis mengatakan, belum merdeka melawan tentang Vaksin di masyarakat awam di perbatasan, Desa-desa dan pelosok. Bahkan di Kota-kota masih “bergentayangan” tentang vaksin.

“Jika memang dibolehkan secara medis tiga Bulan kedepan saya juga mau di vaksin dengan vaksin Moderna, selanjutnya Vaksin Pfizer-BioNTech, Vaksin Oxford-AstraZeneca, Vaksin Sinopharm dan Vaksin Merah Putih,” ucapnya.

Untuk merdeka dari Covid-19, Lumbis menegaskan, harus dengan Herd Immunity atau kekebalan kelompok (komunitas). Herd immunity merupakan situasi dimana sebagian besar masyarakat terlindungi/kebal terhadap penyakit tertentu.

Sehingga menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect) yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang bukan merupakan sasaran imunisasi dari penyakit yang bersangkutan.

“Maka penularan Covid-19 di masyarakat pun akan terkendali karena transmisi penyakit yang rendah,” terangnya.

Kondisi tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata diseluruh penduduk Indonesia (70 persen) penduduk Indonesia, semua hal yang sama dilakukan oleh negara di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here