Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalNgab... Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar Capai Rp 600 Juta, Pernah Dipakai...

Ngab… Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar Capai Rp 600 Juta, Pernah Dipakai Beli Takjil!

BOGORDAILY- Pemprov Jabar melakukan rencana pengadaan langsung sewa untuk mobilitas Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum sebanyak 8 paket per bulannya dari Februari hingga September 2021. Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, pagu anggaran untuk masing-masing paket itu sebesar Rp 75 juta atau total Rp 600 juta.

Sebagaimana dilihat dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP), Senin (2/8/2021) pukul 12.00 WIB, ada 10 paket yang muncul bila dimasukkan kata ‘sewa ' dalam kotak pencarian.

Delapan dari 10 paket yang muncul di antaranya adalah paket Sewa Mobilitas Wakil Gubernur mulai dari Paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung, yang dimulai dari bulan Februari hingga September.

Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat Abdy Yuhana mengaku baru mengetahui, ada rencana pengadaan untuk sewa . Pihaknya pun akan melakukan tindak lanjut dengan mengklarifikasi sejumlah pihak terkait rencana tersebut.

“Ya pasti dimintakan klarifikasi terkait anggaran tersebut, apakah anggaran heli itu sudah menjadi kebutuhan? Atau apakah anggaran tersebut digunakan?” ujar Abdy seperti dilansir detikcom.

Bila mengacu kepada sejumlah pemberitaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun kerap menggunakan untuk agenda kedinasan. Pada 2018, Emil menggunakan saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Bogor, kemudian dia meninjau lokasi banjir di Bogor dan Bekasi pada 2020. Kemudian meninjau persiapan AKB di Pangandaran pada 2020 dan terakhir saat meresmikan jembatan di Sukabumi pada 2021.

Sedangkan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum pernah menghebohkan jagat medsos usai terang-terangan mengakui dia dan keluarganya beli takjil menggunakan .

Menurut unggahan instagramnya @ruzhanul, dia bertanya kepada para netizen tentang takjil apa yang dapat direkomendasikan.

Sebab, dia ingin mencari takjil berbuka puasa bersama istri dan anak-anaknya.

“Help baraya! Saya sedang bingung mau nyari takjil apa?” ucapnya, dari akun instagram @ruzhanul pada Selasa, 11 Mei 2021.

Namun, yang menjadi sorotan netizen adalah latar foto yang diunggahnya adalah berwarna biru.

Sontak, Ruzhanul pun mengatakan bahwa mobil jadulnya sedang diservis.

“Tolong abaikan saya nyarinya naek apa. Mobil jadul seua kondisi sedang pada diservis,” katanya.

Hal itu membuat Ruzhanul mau tak mau mengendarai untuk mencari takjil.

“Terpaksa harus naik ,” ujar dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here