Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSekda Paparkan Pancakarsa dengan Kuliah Singkat di Pelatihan Dasar CPNS

Sekda Paparkan Pancakarsa dengan Kuliah Singkat di Pelatihan Dasar CPNS

Bogordaily.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin, memaparkan dalam di CPNS Kabupaten Bogor secara virtual, bertempat di Ruang Rapat III, Setda Kabupaten Bogor, Selasa 2 Agustus 2021.

Sekda menjelaskan terkait Karsa Bogor Cerdas yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kebutuhan prasarana pendidikan, meningkatkan kualitas tenaga dan kesiapan tenaga pendidikan.

Berikutnya memberikan bantuan beasiswa terhadap putra-putri berprestasi tahun ini sebanyak 1.000 beasiswa, bagi yang berprestasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

“Selanjutnya pelayanan PKBM pesantren Salafiyah, meningkatkan moral peserta didik dengan menambah 4 jam pendidikan agama dan pendidikan keagaman. Jadi sekolah-sekolah itu meminta diadakannya mulok di hari-hari tertentu mereka harus mengaji baik di SD maupun SMP untuk yang bergama Islam, untuk selain yang beragama Islam ada program lain seusai dengan agamanya tersendiri yang penting pengembangan sekolah inklusif tentang keagamaan,” katanya.

Selain itu Karsa Bogor Sehat yang ingin Pemerintah Kabupaten Bogor capai adalah peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas, Pemerintah Kabupaten Bogor punya 4 RSUD yaitu RSUD Cibinong, RSUD Lewiliang, RSUD Ciawi, RSUD Cileungsi dan 101 Puskesmas se-Kabupaten Bogor.

Ditambah rumah sakit swasta dan 2 rumah sakit negeri di ATS di bawah TNI Angkatan Udara dan rumah sakit khusus paru-paru, dibawah Kementerian Kesehatan di Cisarua jadi totalnya ada 29.

Kuliah singkat
Peserta di CPNS Kabupaten Bogor secara virtual, bertempat di Ruang Rapat III, Setda Kabupaten Bogor, Selasa 2 Agustus 2021. (istimewa/Bogordaily.net)

“Pembangunan RSUD di Bogor Utara insyaallah akan dibangun untuk masyarakat yang berada di daerah Ciseeng, Parung, Kemang, Gunung Sindur bisa berobatnya di RSUD Bogor Utara, lokasinya di ujung perbatasan dengan wilayah Kecamatan Ciseeng. Mudah-mudahan di tahun 2021 ini bisa di mulai pembangunannya dan tahun 2022 sudah bisa dipakai rumah sakitnya. Berikutnya Bogor Siaga, kami sudah menyiapkan seluruh desa diberikan mobil siaga,” katanya.

Terkait Karsa Bogor Maju, Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan reformasi dan tata kelola pemerintahan, termasuk bekas UPT Pendidikan per kecamatan itu sudah dialihkan menjadi Kasi Pendidikan, juga akan di bentuk 40 UPT Disdukcapil yang sekarang baru dibentuk 7 UPT.

Selanjutnya kata Burhanudin, optimaliasi teknologi banyak yang hal sudah dilakukan salah satunya adalah teras milenial, seperti dibangunnya beberapa titik wifi di setiap Kecamatan, smart city dan smart village, peningkatan kompetisi dan daya saing, membangun lembaga sertifikasi ketenagakerjaan seperti career center untuk para pelamar kerja.

“Kaitan dengan Bogor Maju, pelayanan kepada masyarakat bagi pencari kerja, bisa datang ke Graha , bila membutuhkan administrasi atau sebagainya akan dibantu, berikutnya pemberian bantuan UMKM untuk masyarakat di setiap kecamatan, peningkatan kualitas Pemerintahan Desa, kami akan mendorong dan mendukung Bumdes yang ada di setiap desa,” imbuhnya.

Kemudian Karsa Bogor Membangun, pembangunan desa dengan pemantapan jalan desa serta mempercepat pembangunan infrastruktur, dengan Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang merupakan program dari Bupati dan Wakil Bupati Bogor. Oleh sebab itu mudah-mudahan ini menjadi program unggulan.

“Ada 152 jembatan rawayan yang harus dibangun se Kabupaten Bogor. Tahun kemarin kita bangun
6 jembatan, di perubahan anggaran tahun ini Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun 32 jembatan rawayan,” tambahnya.

Kemudian Karsa Bogor Berkeadaban dilakukan dengan cara meningkatkan kesalehan sosial, dengan penambahan jam pendidikan agama dan kegiatan keagaman, yang biasa disebut program Bogor Ngaos.

Kemudian bantuan legalitas Pontren, Progran Nobat, Jumat Keliling dan juga membangun Islamic Center. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here