Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRS Islam Bogor Anjurkan Lakukan Pertolongan Pertama Covid-19 pada Ibu Hamil

RS Islam Bogor Anjurkan Lakukan Pertolongan Pertama Covid-19 pada Ibu Hamil

Bogordaily.net – Covid-19 bisa menyerang siapapun, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, bahkan . menganjurkan yang harus dilakukan.

1. Lapor ke Fasyankes (RS/ Puskesmas / Dokter Kandungan /Bidan)

Pelaporan bertujuan untuk pemantauan kondisi anda dan pencatatan serta tracing yang diperlukan.

2. Sediakan Alat yang Dibutuhkan

Di rumah, membutuhkan pulse oxymeter untuk mengukur saturasi oksigen, termometer. Pada , dapat menggunakan fetal dopoler untuk memantau detak jantung janin (dengan supervisi dokter/bidan).

3. Berkumur dengan Mouthwash

Berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik (seperti alkohol atau klorheksidin) membantu menjaga kebersihan rongga mulut dan saluran nafas.

6. Kapan Harus ke Rumah Sakit?

Jika gejala bertambah berat, sesak napas terasa berat, frekuensi napas > 24 kali per menit, saturasi oksigen < 95%, gerak janin lemah atau tidak dirasakan, tanda bahaya atau tanda bahaya nifas.

Gejala ringan seperti sakit kepala, batuk ringan, demam, plek, anosmia, nyeri tulang dan otot. Tanda vital normal frekuensi nafas 12-20 kali per menit, frekuensi nadi Kal <100 kali per menit, saturasi oksigen > 95%.

Pertolongan
Rumah Sakit (RS) Islam Bogor yang menerapkan protokol ketat. (/Bogordaily.net)

Lalu, detak jantung janin normal 120-160 kali per menit, ukur tanda vital 2-3x sehari. Bila anda mengalami gejala berat sesak nafas, nafas cepat.

Saturasi <93%, penurunan kesadaran, kontraksi rahim, perdarahan, gerak janin berkurang, segera ke rumah sakit.

7. Periksa Lab Sesuai Indikasi

Pemeriksaan lab dasar yang dapat dilakukan, hematologi lengkap, fungsihati (SGOT, SGPT), fungsi ginjal (Ureum, Kreatinin), gula darah, hs-CRP dan D-dimer.

8. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, yang dilengkapi dengan makro dan mikro nutrien seimbang. Hindari makanan yang terlalu banyak diproses, fast food, tinggi pengawet, dil

9. Konsumsi Vitamin Sesuai Anjuran Dokter

Selain vitamin hamil yang sudah rutin dikonsumsi, Anda dapat menambahkan, Vitamin C-Vitamin D-Zinc Konsultasikan terlebih dahulu dosis ke dokter, karena mungkin sudah ada pada vitamin hamil yang diberikan.

10. Cuci Hidung

Cuci hidung dengan cairan isotonik (NaCl 0,9%) bertujuan untuk mening katkan imunitas lokal area hidung, mengurangi gejala pilek/tersumbat, dan mengurangi load pada area hidung.

Itu adalah 10 yang bisa dilakukan, jika menemukan kasus Covid-19 pada . Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here