Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaPMI Kabupaten Bogor Lakukan Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19

PMI Kabupaten Bogor Lakukan Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19

Bogordaily.net (PMI) Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19 di dua Kelurahan dan Desa yaitu Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong dan Desa Kedung Waringin, Kecamatan Bojonggede, Senin 30 Agustus 2021.

Kegiatan ini melalui kader penggerak Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang didukung oleh PMI Pusat dan ().

Hal itu dilakukan dalam rangka membentuk relawan palang merah di tiap desa untuk mempercepat penanggulangan kemanusiaan di Kabupaten Bogor.

Selain itu, Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19 dilakukan untuk meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan Kader dan Masyarakat, agar selalu tanggap dan siaga terhadap kondisi Pandemi lingkungan baik pada tingkat keluarga, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten.

Ketua , Zainal Syafrudin menuturkan, Kegiatan itu dilakukan dalam rangka penanggulangan bencana untuk kondisi sekarang adalah pandemi Covid-19.

Tentunya didalam pelaksanaan program ini untuk yang sekarang kita bekerjasama dengan (), untuk bersama-sama melakukan kegiatan nanti mereka para relawan ini akan aktif di desa-desa khususnya didalam rangka advokasi tentang Promosi Kesehatan (Promkes).

Orientasi
Suasana kegiatan Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Markas , Senin 30 Agustus 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

Karena pandemi ini menurut Presiden RI tidak bisa diprediksi untuk itu kita harus terus melakukan kegiatan-kegiatan Promkes yang benar itu yang utama.

“Para relawan ini diberikan penyegaran ilmu-ilmu tentang program kemanusiaan supaya mereka juga bisa memberikan informasi kepada masyarakat. Kegiatan ini juga diberikan penyuluhan instrukturnya dari Dinkes dan PMI Pusat,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk peserta pada kegiatan tahap sekarang hanya beberapa desa tetapi di Kecamatan Bojonggede dan Cibinong.

Tetapi untuk kedepan mulai Oktober seluruh kecamatan akan mengadakan pelatihan semacam ini termasuk juga nanti Desa-desanya.

“Karena kita sedang mengupayakan membentuk relawan palang merah disetiap desa 20 orang perbanyak relawan supaya memudahkan didalam rangka penanggulangan-penanggulangan kemanusiaan di setiap desa lebih cepat,”tegasya.

Kepala Markas , Saefudin mengatakan, kegiatan Orientasi Penguatan Respon dan Percepatan Penanganan Covid-19 yang diikuti oleh 20 orang Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

Diikuti dari masing-masing Kelurahan/Desa yang dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 30 Agustus 2021 sampai dengan 02 September 2021, dilanjutkan dengan Orientasi KLB pada tanggal 3 September 2021 yang bertempat di Markas .

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan Kader dan Masyarakat agar selalu tanggap dan siaga terhadap kondisi Pandemi lingkungan baik pada tingkat keluarga, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten. Dalam memberikan data dan fakta yang lebih spesifik dan valid baik pada warga yang Positif Covid-19 maupun Pelayanan Promosi Kesehatan kepada Masyarakat yang awam. Tentunya untuk senantiasa menjaga diri dimasa pandemi agar terhindar dari bahaya Virus dan saling menjaga dan gotong royong dalam membantu sesama kepada yang membutuhkan,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here