Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaSelain Indonesia, Ini Negara yang Kemerdekaannya Bulan Agustus

Selain Indonesia, Ini Negara yang Kemerdekaannya Bulan Agustus

Bogordaily.net – Tidak hanya Indonesia yang merayakan hari kemerdekaannya pada bulan ini, ada beberapa negara yang juga merdeka di .

Meski tak sama di tanggal 17 Agustus, negara-negara ini punya Hari Kemerdekaan dekat dengan tanggal 17. Menariknya, negara-negara ini merdeka di tanggal yang sama yaitu 15 Agustus.

Dilansir dari Hindustan Times, negara yang merdeka di adalah India. India mengumumkan kemerdekaannya di tanggal 15 Agustus 1947.

Negara selanjutnya adalah Bahrain. Negara yang pernah merasakan pemerintahan kolonial Inggris ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 15 Agustus 1971. Kemerdekaan ini beda dua dekade dari India.

Setelah merdeka, Bahrain meminta PBB untuk melakukan survei penduduk. Setelah itu barulah Inggris mengumumkan penarikan pada awal 1960-an.

Bergeser sedikit, kemerdekaan selanjutnya adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Di dua negara ini kemerdekaan adalah Hari Pembebasan Nasional Korea.

Nama ini diberikan karena pada hari itu juga Perang Dunia II berakhir pada tanggal itu. Korea merdeka dari penjajahan Jepang dengan bantuan dari sekutu yang ikut berperang.

Di Korea Selatan, hari kemerdekaan disebut Gwangbokjeol, artinya adalah Hari Cahaya Kembali. Sementara di Korea Utara dikenal dengan nama Chugokhaebangul nal atau Hari Pembebasan Tanah Air.

Selanjutnya adalah Liechtenstein. Ya, negara tanpa hutang, militer dan bandara ini juga merdeka di tanggal 15 Agustus. Hari ini dipilih karena sudah lebih dulu jadi jadi hari libur nasional Bank.

Selain itu, Pangeran yang berkuasa saat itu yaitu Pangeran Franz Josef II lahir pada 16 Agustus. Oleh karena itu, hari libur nasional Liechtenstein diciptakan dengan menggabungkan hari libur nasional dan hari ulang tahun pangeran.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here